Anis Ingin Lepas Saham Bir, DPRD Menolak

0

LEAD.co.id | Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akan melepas saham perusahaan bir PT Delta Djakarta Tbk milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Karenanya, dana saham tersebut akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk pembangunan Jakarta.

“Dana itu jauh lebih bermanfaat bila kita gunakan untuk pembangunan bagi masyarakat kita apalagi dengan ukuran APBD kita sekarang itu menjadi kecil sekali dari situ,” terang Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019).

Anis menjelaskan, dana di saham PT Delta lebih bermanfaat untuk pembangunan yang bisa dirasakan warga Jakarta. Sebab, dividen atau hasil keuntungan dari saham PT Delta Djakarta menyumbang rata-rata keuntungan Rp 38 miliar setiap tahun.

Baca :  Pantau Antrian Di Stasiun Bogor, Bima Arya: Lebih Padat Namun Terkendali

Menurutnya, PT Delta Djakarta tak banyak berubah setiap tahunnya. Nilai dividen tidak seberapa jika dibandingkan dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta yang mencapai Rp 89 triliun pada 2019.

Namun demikian, rencana penjualan saham terbut mendapat penolakan dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi. Dirinya menolak rencana Pemprov DKI melepas 26,25 persen saham di PT Delta Djakarta karena perusahaan tersebut tidak merugikan Pemprov DKI.

“Salahnya Delta tuh apa sih? Saya tetap berprinsip, enggak ada yang merugikan untuk pemerintah daerah, apalagi yang dikatakan setahun dapat (dividen) Rp 50 miliar, terus mau dijual Rp 1 triliun, kita makan riba itu,” katanya, Senin (5/3).

Baca :  MUI Dukung Anis Lepas Saham Bir

Ia mempertanyakan alasan Anies yang ingin menjual saham tersebut. Dia meminta Anies kembali memikirkan ulang rencananya tersebut. (Dzul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here