Inmemorial Ir. H. Idris Zaini: Sosok Aktivis Dakwah Kampus IPB University

0
Apendi Arsyad, Inmemorial, Idris Zaini, Aktivis, Dakwah, Kampus, IPB
Pamflet MD KAHMI Bogor mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Ir.H. Idris Zaini

Oleh: Dr. Apendi Arsyad

Saya dapat kabar duka dari teman saya pernah aktif di PB HMI lewat WA Japri, mengabarkan kanda (abang) Idris Zaini telah mendahului kita.

Innalillahi wainnalillahi rojiun.
Saya dan keluarga turut berduka cita atas berpulangnya kerahmatullah Kakanda Ir.H.Idris Zaini.MM, sahabat aktivis Ukm BKI IPB, HMI, Kahmi, IKPM Riau Bgr etc, pada hari Senin 11 Januari 2021 tepat pkl 12.20 Wib di salah satu Rumah Sakit di Jakarta, almarhum sudah beberapa hari dirawat, saya dapat berita dari putra dr. Raka, karena almarhum ayahnya terpapar Covid 19.

Kita doakan, semoga Allah SWT menempatkan arwah almarhum disisiNya yang terbaik, golongan orang-2 soleh dan husnul khotimah. Amin-3 YRA. Keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan tawakal kepada Allah SWT.

Saya merasa kehilangan senior HMI dan IKPM Riau yang baik hati dan semasa mahasiswa almarhum adalah aktivis dakwah Islam Kampus. Alm kanda Idris Zaini pernah menjadi Ketua Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam (LDMI) HMI Cab. Bogor, dan aktif memberikan ceramah agama Islam di forum LDK (Trainning Kader HMI), salah seorang peserta LDK dan dikader almarhum yang memperkenapkan tugas dakwah Islam adalah saya (1980-1984).

Baca :  Aktivis HMI Serukan Penolakan Omnibus Law

Alhamdulilah saya dkk kader dakwah dan aktivis UKM Badan Kerohanian Islam (BKI) IPB tahun 1981, alhamdulillah bisa menjalankan tugas asistensi Team Pendidikan Agama Islam (TPAI) IPB bagi adik-2 mahasiswa baru IPB. TPAI IPB bermarkas di masjid Al Ghifari IPB, kampus IPB Bagunde Kota Bogor. Almarhum kanda (abang) pernah berperan sebagai salah seorang penjaga (marbot) DKM Al Ghifari IPB.

Saya mengenal dekat dengan almarhum bang Idris, selain beliau mentor saya di BKI dan HMI Cabang Bogor. Saya dengan sering bertemu di berbagai aktivitas dari lembaga intra dan ektra universiter tersebut. Almarhum bang Idris adalah senior saya di BKI dan HMI.

Ketika saya baru mendapat amanah sebagai Sekum BKI IPB thn 1981-1982, beliau almarhum sudah menjadi pembina senior; dan ketika saya menjadi Sekum HMI Cabang Bogor pada tahun 1983-1984, beliau alm abang Idris Zaini sudah duduk di PB HMI Jln Diponegoro Jakarta sebagai Wakil Sekjen, jika saya tidak keliru saya Ketua Umum PB HMI adalah kanda Prof.Dr.H. Harry Azhar Azis, MSc (Ketua dan anggota BPK RI) sama-2 daerah asal Kepulauan Riau.

Baca :  Aktivis 98 Merilis Daftar "Aksi Ngamuk" Wali Kota Bogor

Almarhum menjalani hidupnya sebagai wirausaha (bisnis) bergerak dalam penyedia tenaga kerja untuk melayani permintaan beberapa negara di luar negeri, yang cukup sukses dalam membantu Pemerintah mengatasi permasalahan pengangguran di Indonesia, kantornya berada di Kota Depok, dekat tempat tinggalnya. Saya tahu karena ada beberapa kali saya sempat bersilaturrahmi dengan almarhum di Depok Jawa Barat. Disamping berbisnis, almarhum juga berkiprah terjun di bidang politik tingkat nasional.

Kalau saya aktif di DPD Golkar Kab. Bogor sebagai Wasek Satu dan Sekretaris Bapilu Golkar, sempat menjadi caleg DPRD pemilu thn 1999 dan DPR RI pemilu 2004, sedangkan abangku Ir.Idris Zaini MM aktif berpolitik di tingkat nasional, alhamdulilkah beliau terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan berhasil duduk di kursi parlemen di Senayan Jakarta, dapilnya daerah kelahirannya Kepulauan Riau.

Saya semakin bergaul dekat dengan almarhum, ternyata kakak Ipar saya mbak Surati Edward Arfa SH hidup bertetangga dekat rumahnya di Kota Tanjung Pinang.

Alhamdulillah beberapa bulan yang lalu, almarhum berkirim khabar suka cita, sebelum berpulang kerahmatullah, abang Idris Zaini mengirim pesan lewat WAG alumni SF IPB. Beliau memberi tahu kepada kami bahwa keluarganya akan menyelenggarakan pesta dan acara resepsi perkawinan putra pertamanya di Palembang.

Baca :  Aktivis Apresiasi Sikap Kabareskrim dalam Kasus Djoko Tjandra

Kemudian setelah beberapa hari kemudian memposting foto-2 resepsi perkawinan yang meriah tersebut, tampak berbagai rangkaian acara prosesi, kunjunang para tamu dan bahkan kiriman karangan bunga ucapan selamat dari kolega tokoh dan pejabat negara, diantaranya Jokowi Presiden RI, Dr. Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, dan banyak lagi yang lain. Dalam sejumlah foto saya lihat, begitu bahagianya abangku itu H. Idris Zaini bersama istri dan anaknya beserta besannya. Almarhum dengan pakaian kebesaran adat Melayu tampak tersenyum menunjukan rasa bahagianya. Ternyata fhoto itu adalah kenangan terakhir, yang Allah SWT tunjukkan kepada saya dkk.

Selamat jalan bang Idris Zaini menghadap Sang Khalik dan Sang Pemilik alam jagat raya ini beserta isinya dengan tenang dan damai. Kami berdoa semoga Allah SWT memasukannya ke dalam golongan hamba-2Nya yang soleh, Amin-3 YRA.

Kami yang berduka, Dr.Ir.H. Apendi Arsyad, MSi dan keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here