Petani Milineal Padang Panjang Sukses Kelola Pelatihan dan Permagangan

0

LEAD.co.id | Kelompok Tani Permata Ibu yang beraktivitas sejak tahun 1981, sukses dalam mengelola pelatihan dan permagangan dengan mendirikan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Permata Ibu, di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Pengelola P4S Permata Ibu, Novi Hendri, S.E, M.Si mengungkapkan bahwa, melihat potensi sektor pertanian disekitar Kota Padang Panjang, Sumatera Barat maka, didirikanlah P4S Permata Ibu pada tahun 2006. Menurutnya, P4S ini telah sukses mengelola pelatihan dan magang tentang Ternak Sapi Perah, Pertanian Organik, dan Pupuk Organik.

Baca :  Munas PISPI: Meneropong Sektor Pertanian Indonesia ke Depan

Dirinya melanjutkan, berdirinya P4S Permata Ibu ini bermula dari kelompok tani yang awalnya bergerak dibidang tanaman pangan. Pada tahun 1981, dengan adanya bantuan sapi perah untuk Sumatera Barat dan Padang Panjang, pihaknya mendapat alokasi bantuan dari pemerintah. “Dari sinilah perjuangan kelompok memulai usaha peternakan sapi perah serta sampai saat ini Kelompok Tani Permata Ibu menjadi salah satu kelompok yang bertahan mengelola sapi perah di Sumatera Barat,” kata Novi kepada Redaksi LEAD.co.id, Rabu (13/2/2019).

Menurut Novi, dalam P4S Permata Ibu ini tergabung dua kelompok tani yaitu, kelompok tani Permata Ibu yang dipimpin Deslia Sulastri, S.Pt dan kelompok tani Asri Organik dipimpin Ridwanyah, S.E. Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Kelompok Permata Ibu yang beranggota 20 orang saat ini mempunyai Sapi Perah 120 ekor, sedangkan kelompok tani Asri Organik memiliki 15 anggota dengan luas lahan 5 hektar.

Baca :  Karantina Pertanian Merauke Gagalkan Penyelundupan Si Jambul Kuning

Adapun beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan P4S permata ibu pada bidang agribisnis yaitu peternakan Sapi Perah dan usaha Pengolahan Susu, kawasan wisata edukasi yang terintegrasi dengan pertanian organik, serta mengelola pelatihan dan magang yang hampir tiada henti setiap bulannya.

Dukungan dan motivasi dari pemerintah terus dilakukan berupa pembinaan dan penguatan kelembagaan P4S. Tahun ini, P4S permata ibu menjadi salah satu nominasi P4S berprestasi.

Menurut Kapuslatan Ir. Bustanul Arifin Caya, M.D.M, terpilihnya beberapa P4S yang berprestasi sebagai wujud apresiasi pemerintah untuk mendorong tumbuhkembangnya kelembagaan yang dikelola petani. P4S merupakan lembaga yang dibangun dan dikelola oleh petani baik secara perorangan maupun kelompok sebagai perwujudan kemandirian serta partisipasi aktif petani dalam kewirausahaan. (MSA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here