Dampak Corona, PO Bus Mandala Putra Rugi Ratusan Juta

186
0

LEAD.co.id | Pasca imbauan Pemerintah pusat untuk tidak bepergian guna mencegah penyebaran virus Covid-19, berdampak pada penutupan sejumlah tempat wisata di berbagai daerah.

Hal ini sangat terasa bagi Perusahaan Otobus (PO). Seperti di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tampak PO Mandala Putra terpaksa mengandangkan seluruh armada pariwisatanya

Akibatnya PO Mandala Putra mengalami kerugian yang tidak sedikit, omset yang biasa didapat setiap hari kini tidak lagi ada pemasukan. Sementara perawatan tetap sekalipun tidak dioperasikan.

Menurut Owner Mandala Putra, Mukti Ali, menyebutkan kerugian yang dialami pihaknya akibat pandemi virus corona ini ditaksir mencapai 99 persen. Kerugian tersebut dikalkulasikan dari jumlah customer yang membatalkan pembokingan bus, mulai dari transportasi wisata hingga paket tour.

Baca :  PP KAMMI Desak Pemerintah Segera Berlakukan UU Karantina

“Mulai dari bulan Desember hingga Januari, orang kan banyak membooking, semuanya dibatalkan. Ada juga yang sudah bayar DP dan masuk ke saya pasti aman, tapi yang belum, semuanya dibatalkan,” katanya Selasa (31/03/2020).

Mukti menyampaikan, dalam setiap bulannya, jika keadaan normal pihaknya mendapat pemasukan minimal 250 juta dari usaha Bus tersebut, namun karena wabah virus covid-19, pemasukanya menjadi nihil bahkan sampai 0 rupiah.

“Kalau saya pribadi asal ada kebijakan dari perbankan saya aman, aset saya lumayan, bisa pakek aset, tapi bagi crew, sopir dan lain-lain, saya tidak terpikir,” paparnya.

Baca :  Kepedulian TNI AU Bagikan Paket Sembako Untuk Tenaga Medis

Sementara menurut salah satu crew Mandala Putra, Turi, mengungkapkan, sudah 20 hari dirinya tidak bisa bekerja. Pasalnya, sejak merabahnya covid-19 seluruh kegiatan tour dihentikan.

“Untuk bulan kemarin 60 trip tidak jalan, kira-kira kerugian yang dialami owner sampai 300 juta. Beda lagi dengan kita (driver) diperkiran mencapai 7 juta hingga 8 juta rupiah,” tandas Turi.

Reporter : Priyanto D
Editor : Moh Hasanuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here