Meluas! ARKA Usulkan Solusi Tangani Covid-19 Di Kabupaten Sumenep

211
0

LEAD.co.id | Pasca masuk dan menyebarnya virus Covid-19 di Indonesia. Kini 12 daerah di Provinsi Jatim sudah masuk zona merah diantaranya Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Batu, Kota/Kabupaten Malang, Blitar, Jember, Situbondo, Lumajang, Magetan, dan Kediri.

Pandemi ini selain mengancam kesehatan dan nyawa juga memporak-porandakan stabilitas perekonomian dan politik serta kebijakan pemerintah mengenai mudik lebaran. Isu lockdown serta tidak diperbolehkannya para perantau untuk balik ke kampung halamannya tentu menjadi kekhawatiran para perantau.

Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Arek Remaja Karang Tengah (ARKA) mendukung penuh kebijakan Gubernur Jawa Timur untuk tidak melakukan lockdown. Meskipun 12 daerahnya sudah masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19.

Baca :  Permenkes Nomor 9 Tentang Pedoman PSBB Dinilai Tidak Efektif

Selain mendukung untuk tidak melakuan lockdown, ARKA juga memberikan solusi untuk Pemerintah Kabupaten Sumenep agar segera menyiapkan beberpa alat steririlisasi di setiap dermaga penyeberangan sebelum masuk kapal termasuk di terminal.

“Serta lakukan upaya dari dinas kesehatan dalam sterilisasi kapal sebelum dinaiki penumpang,” ujar Hendi Bagus Sebriyanto selaku Ketua Umum ARKA (29/03/2020).

ARKA juga menambahkan, adanya pemeriksaan secara ketat serta penerbitan surat keterangan steril virus yg nantinya dilampirkan sebagai syarat pembelian tiket Mempertegas keamanan dalam penertiban di setiap pelabuhan.

“Kami juga himbau kepada para perantau untuk turut serta mendukung dengan melakukan aktivitas dari dalam rumah, serta membudayan jujur jika ada keluhan medis yang bisa dianggap dalam indikasi Covid-19,” pungkasnya.

Baca :  Desa Gunung Sari Jadi Motor Penggerak Melawan Covid-19.

Kontributor : Haqqi
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here