Mengintip Green and Clean Village: Ekonomi Berdaya, Lingkungan Bersemi

0

LEAD.co.id | Kurang lebih delapan bulan telah berlalu. Semenjak dicanangkan program Green and Clean Village (GACV). Sebuah program kerjasama PT. Hankook Tire Indonesia dan Dompet Dhuafa yang dimulai semenjak Juni 2019 lalu.

Kali ini, PT. Hankook Tire Indonesia dan Dompet Dhuafa mengadakan kunjungan ke di Desa Cicau RT 02 RW 09, Kampung Sempu, Gang Katel, Kecamatan Cikarang Pusat, Bekasi, Sabtu (22/2/2020), tempat di mana GACV digencarkan. Sembari melihat bagaimana perkembangannya program ini.

GACV sendiri terdiri dari lima program kebun sayur hidroponik, penanaman tanaman hias, pengomposan sampah dapur, biopori dan bank sampah.

Baca :  Kementerian PUPR Dukung Aksi Dompet Dhuafa Peduli Saluran Irigasi

“Ini merupakan investasi social yang advance ya. Karena penerima manfaat dapat memanfaatkan program ini secara berkelanjutan. Jadi hasilnya juga tidak sampai sebatas simbolisasi saja,” ujar Zainal Abidin Group Head Agro Dompet Dhuafa.

Dalam satu minggu kebun hidroponik mampu memanen sebanyak 250 pack dengan harga jual Rp.5.000. Tanamannya pun beragam, darimulai selada air, pakcoy, bayam merah, bayam hijau, kangkung dan masih banyak lagi.

Saat ini, pola pendistribusiannya masih bersifat individu dan lokasi disribusinya masih berada di titik-titik terdekat.

“Kita memang tidak mau memberikan bantuan dalam bentuk simbolis saja. Maksudnya kita memang ingin membantu dalam bentuk program yang berkelanjutan sehingga bisa mensejahterahkan masyarakat keseluruhan,” terang Ade Mahendra selaku Public Relations & CSR Specialist PT Hankook Tire Indonesia.

Baca :  DMC DD Merespon Cepat Banjir di Jawa Barat

Rencanya ke depannya program GACV akan ditingkatkan lagi. Dengan memperluas jangkauan penerima manfaat dan penambahan inovasi lainnya. Dan ini memang menjadi salah satu tantangannya.

Karena, hingga saat ini hanya 25 orang yang menjadi penerima manfaat. Selebihnya masih belum melihat potensi yang ada dari program ini.

“Jika memungkinkan tanaman hias yang kita kembangkan juga akan dipasarkan. Cuman ya balik lagi ke warganya. Soalnya yang paling sulit memang mengubah pola pikir,” tutup Rahmat selaku Pendamping Program GACV Desa Cicau.

 

Sumber: Humas DD

Baca :  Dompet Dhuafa Siapkan Unit Khusus untuk Pengendalian Virus Corona 

Editor: Fardiansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here