Pasukan India Menewaskan Pemberontak Kashmir Riyaz Naikoo

0
Pasukan India, Kashmir, Pemberontak
Pasukan India melancarkan operasi Selasa malam (5/5/2020), memburu komandan Hizbul Mujahidin Riyaz Naikoo di Pulwama, Kashmir Selatan. (doc. Aljazeera)

LEAD.co.id | Pasukan India telah menewaskan empat pejuang pemberontak dalam pertempuran senjata di Kashmir yang dikelola India, termasuk komandan kelompok separatis terbesar yang memerangi New Delhi di wilayah Himalaya yang disengketakan.

Ratusan tentara India melancarkan operasi Selasa malam setelah menerima informasi bahwa komandan Hizbul Mujahidin Riyaz Naikoo bersembunyi di sebuah desa di distrik Pulwama, Kashmir selatan.

Pihak berwenang juga menonaktifkan internet seluler di seluruh wilayah Kashmir Rabu pagi untuk mencegah kerumunan besar berkumpul di jalan-jalan untuk meratapi pembunuhannya.

“Dia terperangkap di sebuah rumah dan awal hari ini terjadi baku tembak di mana dia dan rekannya tewas,” kata Inspektur Jenderal Polisi Kashmir, Vijay Kumar, kepada kantor berita Reuters dikutip Aljazeera, Rabu (6/5/2020).

Baca :  Bentrok dengan Tiongkok, 20 Tentara India Tewas

Dua pemberontak tewas dalam pertempuran senjata lain di dekatnya pada hari Rabu, Kumar menambahkan.

Selama beberapa dekade, separatis telah berjuang dalam konflik bersenjata melawan pemerintahan India di Kashmir, menginginkan kemerdekaan bagi wilayah Himalaya atau bergabung dengan Pakistan.

Kashmir diklaim seluruhnya tetapi sebagian dikuasai oleh India dan Pakistan.

Komandan Pemberontak

Naikoo, 35, bergabung dengan separatis pada 2012, dua tahun setelah sekitar 100 orang terbunuh oleh pasukan selama musim panas yang penuh gejolak yang ditandai dengan protes dan kekerasan.

Seorang mantan guru matematika dengan hadiah 1,2 juta rupee ($ 15.800), Naikoo adalah ajudan komandan Hizbul Mujahidin Burhan Wani yang terbunuh pada Juli 2016, yang menyebabkan berbulan-bulan kerusuhan.

Baca :  Tertinggi Ketiga, India Laporkan Tiga Juta lebih Kasus Covid-19

Di tengah penguncian nasional untuk menahan penyebaran virus corona, pasukan India telah mengintensifkan operasi di Kashmir, satu-satunya negara berpenduduk mayoritas Muslim di negara itu yang dipecah menjadi dua wilayah yang dikelola secara federal Agustus lalu.

Sejak akhir Maret, pasukan India telah menewaskan 36 pemberontak sementara kehilangan sekitar 20 prajurit termasuk seorang perwira militer berpangkat tinggi, menurut data resmi.

Sumber: Aljazeera/Reuters
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here