Polresta Bogor Bekuk 3 Pelaku Pengganjal ATM

0
Polresta Bogor Kota, Ganjal ATM
Polresta Bogor Kota menggelar konferensi pers tentang pengungkapan kasus ganjal ATM, di Mako Polresta Bogor Kota, Jl. Kapten Muslihat, Kota Bogor, Senin (10/8/2020)

LEAD.co.id | Polresta Bogor kota melalui jajaran Sat Reskrim mengungkap kasus penipuan (Ganjal ATM) di wilayah hukum Polresta Bogor. Pengungkapan kasus ini disampaikan dalam konfrensi pers, di Mako Polresta Bogor Kota, Jl. Kapten Muslihat, Kota Bogor, Senin (10/8/2020).

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser menyampaikan bahwa, Polisi menangkap 3 dari 6 pelaku bobol rekening bank dengan modus ganjal kartu ATM dengan korek api yang dilakukan pada 13 Juli 2020. Pelaku beraksi di mesin ATM SPBU Bogor Barat, berhasil menggasak tabungan nasabah sebesar Rp115 juta.

“Tiga pelaku yang diamankan yakni UN alias Untung (36), HY alias Bondet (40), dan KA alias Darmawai (38). Sedangkan tiga pelaku lainnya yang masih diburu yakni ES, RN, dan UA,” ungkap Hendri dalam konferensi pers.

Baca :  Kapolresta Bogor Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2020

Hendri menjelaskan, tiga pelaku ditangkap pada 21 Juli atau sepekan kemudian, sedangkan tiga pelaku lain masih dalam pengejaran. Komplotan ini mencuri dengan modus ganjal ATM mengunakankorek api

“Modus para pelaku dengan berpura-pura membantu nasabah yang hendak mengambil uang tunai pertengahan Juli lalu, saat itu korban MY tinggal di Curug Mekar yang hendak mengambil uang tunai di SPBU di daerah Cilendek,” tuturnya.

Kemudian secara detailnya, Hendri menambahkan kronologi kejadian, sekitar pukul 11.00 korban ini berniat mengambil uang tunai di ATM, hanya saja tidak masuk. Saat itu ada pelaku UN yang hendak membantu korban MY, diwaktu yang sama pelaku UN sudah menukar kartu korban dengan kartu sejenis. Kemudian kartu hasil tukaran tersebut masuk mesin, nomor PIN sudah dikuasi pelaku.

Baca :  Sat Lantas Polresta Bogor Bicara Keamanan dan Keselamatan

“Karena kartu palsu itu tidak bisa digunakan transaksi juga, akhirnya korban berusaha mencari mesin ATM yang lainnya, tetapi sama saja tidak bisa bertransaksi. Lalu korban MY pun pergi ke kantor cabang bank dan setelah diperiksa saldo nasabah berkurang Rp115 juta hilang, hanya tinggal sekitar tiga jutaan rupiah di rekening, saat itu juga korban melapor kepada pihak kepolisian” ujar Hendri

Hendri menambahkan, berdasarkan pengakuan para tersangka, para pelaku baru kali ini melakukan kejahatan di Kota Bogor dan beberapa kali melakukan kejahatan di luarBogor seperti Jakarta lalu Bandung.

Baca :  Polsek Babakan Madang Bekuk Pelaku Ganjal ATM

“Dari hasil kejahatan itu, kami mengamankan sejumlah barang bukti yakni satu buah mobil,satu buah ponsel, batangkorek api, dan beberapa kartu ATM berbagai bank. Pelaku dijerat dengan Pasal 363 dan 378 tentang Pencurian dan Penipuan dengan ancaman minimal lima tahun penjara,” pungkas Hendri Kapolresta Bogor Kota.

Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here