Prabowo Kuasai Depat Capres Kedua

37
0

Oleh Ryanti Suryawan

Debat kedua nanti seperti halnya debat pertama, yaitu sudah dinanti banyak orang, ini adalah debat dimana hanya menampikan capresnya saja, dan tidak didampingi cawapres, akan tetapi cawapres tetap diharapkn kehadirannya.

Tema Debat II Capres 2019 nanti adalah soal infrastruktur, pangan, lingkungan hidup, energi dan sumber daya alam.

Sebagai petahana sudah pasti yang dijual ke publik pasti kinerjanya, terutama dalam membangun infrastruktur. Tetapi selalu ada dampak sosial bagi masyarakat sekitar akibat pembangunan infrastruktur tersebut, dan ini harus ada solusi bagi seorang pemimpin, bagaimanapun pembangunan manusia harus lebih utama daripada infrastruktur. Bengkaknya utang luar negeri demi prioritas infrastruktur juga bisa menjadi peluru dalam Debat II nanti. Konsep pembangunan infrastruktur tanpa utang bisa dilontarkan Prabowo, karena proyek ini pernah dijalankan Sandi saat membangun Tol Cipali melalui PT LSM milik Sandi, dan ini sekaligus jadi solusi pembangunan infrastruktur tanpa hutang.

Dalam hal masalah isu lingkungan hidup selalu menjadi perhatian masyarakat baik Nasional maupun internasional. Karena Pencemaran dan perusakan lingkungan hidup oleh perorangan ataupun korporasi harus tegas diberi sanksi hukuman – termasuk juga pertambangan liar untuk ini, baik Prabowo atau Jokowi punya visi-misi yang sama. Tetapi bagaimana implementasi teknis dan kebijakan soal lingkungan hidup ini perlu lebih dielaborasi dan diklarifikasi dalam debat II nanti, seperti halnya masalah yang terkait dengan reklamasi, bencana alam, pengadaan sumber air bersih, serta upaya rehabilitasi hutan-hutan yang rusak, dan untuk hal ini Prabowo bisa menanyakan kepada Jokowi soal realisasi janjinya dulu di 2014 bahwa 12,7 juta hektare perhutanan sosial akan diberikan pada rakyat dan 9 juta hektare akan diberikan pada petani untuk reforma agraria. Akan tetapi nyatanya blm semua janji itu terealisasi bahkan hingga satu tahun lagi masa pemerintahannya masih banyak janji janji manis yang tidak terealisasi seperti membuka lapangan pekerjaan dll.

Baca :  Prabowo dengan Pertahanan Negara

Masalah yang terkait energi dan sumber daya alam, Prabowo jelas secara gamblang menguraikan pentingnya masalah ini dalam pidato di JCC “Indonesia menang ” yaitu pentingnya melakukan swasembada energi (ketahanan energi). Krisis energi dan air bersih adalah ancaman faktual. Kebijakan energi baru dan terbarukan (EBT) berpotensi muncul, terutama dengan regulasi, tehnologi, biaya dan investasi. Prabowo diprediksi akan fokus pada bio energi dan komitmen mengurangi impor BBM.¬†akan tetapi ada baiknya jika Prabowo bisa ungkapkan bagaimana seharusnya kontrak berikut perpanjangannya bagi perusahaan asing terkait kerjasama eksplorasi sumber daya alam di Indonesia. Diperlukan komitmen kuat dari pemimpin untuk menghentikan kebocoran kekayaan negara di bidang sumber daya alam, karena kekayaan sumber daya alam kita yang begitu banyak seharusnya dapat mensejahterakan rakyat indonesia andai saja Pengelolaan sumber daya alam yang benar dan transparan merujuk amanat Pasal 33 Ayat 3 UUD 1945 bahwa¬†‘Bumi, air dan kekayaan alam dikuasai negara dan digunakan untuk kemakmuran rakyat dan kesejehateraan rakyat.

Baca :  Parade Carnaval dan Pendukung Jokowi-Ma'ruf Berjalan 1.5 Kilometer

Menilik dari pengalaman Debat capres II tentu punya risiko mengurangi atau menambah jumlah pemilih. Prabowo bisa kuasai arena Debat II dan ungguli petahana dengan tampil rileks, kuasai materi, dan pastikan data yang dipakai akurat (agar tidak blunder). Paparkan saja bukti-bukti yang kurang dari yang sudah dijalankan petahana. Jangan lupa dengan data dan fakta, dan Jangan lupa beri solusi, karena ini penting dan akan mendapat responsif dari masyrakat yang belum menentukan pilihan akan mengambil sikap memilih ketika capres ini dapat mengkritik dan juga memberikan solusi yang membangun It’s better to be different than to be better. Karena kesan bisa lebih penting daripada pesan. be a smart voter because in the next five years the fate of the nation is in our hands.

Baca :  Menang Hitung Cepat, Sobat Jokowi Bogor Potong Tumpeng

Ryanti Suryawan,
Penulis adalah Ketua Badan Pemenangan Prabowo-Sandi Kota Bogor, Wakil ketua DPC Gerindra Kota Bogor, dan
Ketua DPD GARDU Prabowo Jabar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here