PSBB di Kota Bogor, RW Siaga Corona Bermodal Swadaya

0
RW Siaga, Corona, Swadaya
Program RW Siaga Corona di kawasan RW 05, Kelurahan Panaragan, Kota Bogor Tengah

LEAD.co.id | Sudah lebih sepekan warga RW 05 Kelurahan Panaragan, Kota Bogor Tengah melaksanakan program RW Siaga Corona dalam rangka memutus rantai penyebaran virus corona disease (Covid-19).

Dengan sukarela dan biaya swadaya masyarakat, warga RW 05 melakukan kegiatan penyemprotan, pengecekan suhu tubuh warga yang melintas, pembagian masker, hingga himbauan Social Distancing.

“Alhamdulillah warga antusias untuk membantu kebutuhan program RW Siaga dengan cara swadaya,” ungkap Ketua RW 05, Aep Saepudin kepada timm LEAD.co.id, Jumat petang (17/4/2020).

Lebih lanjut Aep menjelaskan, pihak RW telah membentuk tim untuk menjaga akses masuk kawasan RW 05 selama 24 jam, secara bergiliran. Sedangkan warga secara sukarela menyumbangkan konsumsi hingga dana untuk diberikan kepada pihak yang berjaga.

Baca :  Bio-Politik Dan Kepanikan

Saat ditanya soal bantuan dari Pemerintah, Aep mengaku sampai saat ini belum diberi bantuan oleh pemerintah, kecuali spanduk kecil. Sebaliknya, dia berharap kepedulian pemerintah untuk membantu relawan RW Siaga Corona agar kegiatan berjalan lancar.

RW Siaga, Corona, Swadaya
Petugas RW Siaga Corona di kawasan RW 05, Kelurahan Panaragan, Kota Bogor Tengah sedang melakukan pengecekan suhu tubuh warga yang melintasi portal.

Selain itu, dirinya juga belum mengetahui bantuan sosial yang didistribusikan menskipun sudah mengajukan data warga sekitar 300 KK warga non PKH kepada kelurahan. “Masyarakat terus menyakan bantuan itu,” tambah Aep.

Ditempat yang sama, Ketua RT 05, Indra, berharap pemerintah segera menurunkan bantuan sosial kepada masyarakat seiring dilaksanakannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bogor.

Baca :  Hong Kong Umumkan Darurat Virus Corona

Dia mengaku telah mengajukan 127 KK untuk mendapat bantuan sosial dari pemerintah setempat. Selain itu, dia juga meminta agar Pemerintah memberikan bantuan kepada semua nama yang telah diajukan. Hal itu mengingat, saat ini semua warga mengalami dampak PSBB terkait penyebaran Covid-19.

“Pemkot Bogor harusnya memberi bantuan semua warga yang membutuhkan sesuai dengan yang disampaikan Gubernur Jabar,” pungkasnya.

Reporter: Yudi Setiawan
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here