PSI Surati Wali Kota Terkait Jalan Rusak di Bogor Barat

0
PSI Kota Bogor, Bakti Sosial, Jalan Rusak
Tim PSI Kota Bogor saat bakti sosial dengan membagikan sembako bagi warga terdampak Covid-19, di Bogor Barat, Minggu (5/7/2020).

LEAD.co.id | Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (DPD PSI) Kota Bogor menyurati Walikota Bogor terkait adanya jalan rusak di Jl. Raya Cilubang Batuhulung RT 01/RW 03, Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Kondisi itu diketahui oleh tim PSI Kota Bogor saat bakti sosial dengan membagikan sembako bagi warga terdampak Covid-19 di Bogor Barat pada Minggu, 5 Juli 2020 lalu.

“Ketika menuju lokasi pembagian sembako di Bogor Barat, kami melewati akses jalan yang sudah rusak parah, dan menurut keterangan warga, jalan itu merupakan jalan desa dan sudah rusak 2 (dua) tahun lebih”, kata Sekretaris PSI Kota Bogor, Ghina Atmaniwedhana, S.Psi., M.MEDEA., melalui siaran pers, Selasa (14/7/2020).

Salah satu aspirasi warga masyarakat, lanjut Ghina, agar PSI Kota Bogor dapat menyampaikan kepada Walikota perihal jalan rusak yang menjadi satu-satunya akses menuju beberapa kampung di Bogor Barat, segera diperbaiki dan dibangun.

Baca :  Gereja di Kota Bogor Mulai Terapkan Protokol Kesehatan

“Menurut informasi dari warga, tak hanya menghambat akses menuju desa warga, ternyata jalan rusak ini juga sampai menimbulkan korban jiwa,” ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua DPD PSI Kota Bogor, Sugeng Teguh Santoso, S.H. menyatakan bahwa, jalan adalah urat nadi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Jalan sebagai bagian prasarana transportasi mempunyai peran penting dalam bidang ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, politik, pertahanan dan keamanan, serta dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Jalan Rusak, PSI, Wali Kota Bogor
Penampakan jalan rusak di Jl. Raya Cilubang Batuhulung RT 01/RW 03, Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

“Jalan sebagai prasarana distribusi barang dan jasa merupakan urat nadi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Kewajiban pembangunan atau perbaikan jalan tergantung pada status jalan. Mengingat jalan rusak di Bogor Barat itu berstatus sebagai jalan desa, maka kewajiban Walikota Bogor untuk membangun atau memperbaikinya sesuai ketentuan Pasal 16 ayat (1) UU No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan, yang menyebutkan bahwa wewenang pemerintah kabupaten dalam penyelenggaraan jalan meliputi penyelenggaraan jalan kabupaten dan jalan desa. Wewenang penyelenggaraan jalan kabupaten, jalan kota, dan jalan desa tersebut, meliputi: pengaturan, pembinaan, pembangunan, dan pengawasan”, jelas pria yang kerap disebut Sang Pembela tersebut.

Baca :  Belasan Wartawan Berstatus ODP usai Bertemu Wali Kota Bogor

Sugeng menerangkan bahwa PSI Kota Bogor akan menyurati Walikota dan DPRD Kota Bogor sehubungan dengan jalan rusak tersebut. “Dengan dukungan semua pihak, PSI di Kota Bogor akan menjadi penyambung lidah rakyat dan mengawal hak-hak konstitusional rakyat tidak dilanggar,” tegasnya.

Oleh karena itu, dalam pernyataan sikapnya, DPD PSI Kota Bogor mendesak Wali Kota Bogor agar sesegera mungkin membangun dan memperbaiki jalan rusak yang terletak di Jl. Raya Cilubang Batuhulung RT. 01/RW. 03, Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Selain itu, mendorong DPRD Kota Bogor memperjuangkan aspirasi warga masyarakat, khususnya aspirasi untuk pembangunan dan perbaikan jalan rusak yang terletak di Jl. Raya Cilubang Batuhulung RT. 01/RW. 03, Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor tersebut.

Baca :  PSI Kota Bogor: Kesepakatan Larangan Natal di Sumbar Melanggar Hukum

Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here