SKIPM Sorong Gelar FGD Mapping Miniplant of Blue Swimming Crab

0

LEAD.co.id | Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Sorong mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bekerjasama dengan Badan Asosiasi Pengelolaan Rajungan Indonesia (APRI).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Kepala Stasiun KIPM Sorong, Noch Musa J. Telew,S.Pi, Kasubdit Pengembangan Produk Kelautan dan Perikanan, Direktorat Kelautan dan Perikanan-Badan Perencanaan Pembanguan Nasinal (BAPPENAS), Roby Fadilah, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sorong, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Raja Ampat, dari pihak swasta dihadiri Asosiasi Pengelolaaan Rajungan Indonesia (APRI), Suistainable Fisheries Partnership, dan seluruh supplier dan miniplan rajungan Provinsi Papua Barat.

Baca :  Tanggapi Praperadilan, Termohon Menyatakan Sikap Menolak

Dalam kegiatan tersebut, Roby Fadilah menyatakan dukungannya terhadap Global Marine Commodities untuk perikanan yang berkelanjutan (suistainable Fisheries). Dukungan tersebut disampaikan dalam sambutanya dalam FGD SKIPM Sorong, Badan Perencanaan Pembanguan Nasional (BAPPENAS) yang bekerjasama dengan Badan Asosiasi Pengelolaan Rajungan Indonesia (BAPRI), Swiss Bell Hotel, di Sorong-Papua Barat, Kamis, (07/02/2019).

”Kita mendukung Global Marine Commodities untuk perikanan yang berkelanjutan,” kata Roby.

Dirinya berharap, dalam kegiatan tersebut, peserta mengetahui peraturan yang diterapkan pada produk perikanan Rajungan. Meski demikian, penegakan peraturan tersebut masih perlu dikembangkan. “Masih banyak miniplant di wilayah Provinsi Papua Barat belum tersertifikat CPIB, SKP, dan HACCP dan miniplan masih membutuhkan pendampingan dari pemerintah,” ungkapnya.

Baca :  Kejari Sorong Periksa Proyek Talut Sungai Malawili

Sementara itu, Kepala Stasiun KIPM, Noch Musa J. Telew menegaskan, SKIPM dapat memverfikasi data miniplant yang dikumpulkan dan memetakan masalah di lapangan dan menemukan solusinya. Selain itu lanjutnya, juga memetakan jaringan nelayan, kolektor, dan miniplan yang memasok setiap prosesor atau UPI.

“FGD ini akan membangun pemahaman dan kesadaran tentang peraturan yang berlaku di sector perikanan rajungan,” Noch Musa J. Telew. (dzul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here