Tokoh Cianjur Nilai Pemda Belum Siap Berlakukan New Normal

0
Tokoh, Cianjur, New Normal
Situasi Lalu Lintas di Kabupaten Cianjur

LEAD.co.id | Fase new normal yang digadang-gadang akan berlangsung sebentar lagi di Kabupaten Cianjur dinilai belum dapat diberlakukan. Pasalnya, saat ini Kabupaten Cianjur masih terdapat Pasien Dalam Pantauan (PDP) Covid-19 yang masih dalam pengawasan.

Tokoh Cianjur yang juga Wakil Ketua Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekopinda) Cianjur, Harry M Sastrakusumah mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Cianjur belum dapat menerapkan new normal dan klaim zona hijau, lantaran fakta dilapangan belum berbanding sama dengan protokol yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

“Ada beberapa daerah sudah ditetapkan zona hijau itu acuannya dari mana?,” ucapnya kepada Lead.co.id (05/06/2020).

Harry menilai, selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih terdapat pelanggaran tiap harinya, mulai dari tidak menggunakan masker hingga menjaga jarak sosial.

Baca :  Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan New Normal di Masjid Baiturrahim

“Seharusnya Pemda Cianjur, melihat langsung dilapangan untuk mengecek pandemi ini sampai sejauh mana. Jangan sampai fase new normal diberlakukan, akhirnya warga melakukan aktivitas di luar, malah menimbulkan kasus baru,” sampainya.

Sebelumnya, Harry melalui surat terbuka kepada Bupati Cianjur menyampaikan, agar dapat bertindak tegas terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran selama masa pemberlakuan PSBB sebagai dasar penerapan new normal.

“Kalau Pemda Cianjur dapat tegas pastinya masyarakatnya akan ikuti itu. Seharusnya Pemda juga membuat acuan untuk menjadikan Kabupaten Cianjur sebagai contoh kepatuhan masyarakatnya dalam masa PSBB di tingkat Nasional bahkan Dunia,” tegasnya.

Baca :  Jumat Berkah, Persit Gelar Baksos dan Santuni Anak Yatim

Melihat hal tersebut, guna menekan angka kasus baru Covid-19, dirinya menghimbau dan mengajak seluruh keluarga serta masyarakat Cianjur untuk dapat menjalankan protokol. Tetap tidak berpergian keluar rumah jika tidak ada urusan penting dan tetap menjaga jarak sesuai protokol kesehatan.

Harry juga menambahkan, pihaknya bersama PT. Backlight Group Indonesia dan CV Prabu Pandu Wirabuana tengah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas percepatan percepatan Covid-19 akan donasikan 600 suit APD lengkap untuk tiga Rumah Sakit Peruntukan Covid-19 di Kabupaten Cianjur.

“Kami tengah siapkan 600 APD lengkap untuk di donasikan sebagai bentuk kepedulian terhadap tenaga medis yang saat ini masih berjuang melawan Covid-19. Serta mengajak lembaga yang melakukan rapid test untuk dapat mandiri dalam pelaksanaannya dengan melakukan koordinasi dengan Pemda jikalau saat tes ada yang reaktif,” pungkasnya.

Baca :  Bupati Pasaman Tinjau BLK Lubuk Sikaping, Terapkan New Normal

Berdasarkan data yang di himpun dari covid19.cianjurkab.go.id per-Jum’at (05/06/2020) jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Cianjur dengan ODP total 905 selesai 595 proses pengawasan 310, PDP total 113 selesai 40 (29 meninggal) proses pengawasan 73 kasus.

Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here