Viral, Video MotoGP Tembakau Merespon Anjloknya Harga Tembakau

0

LEAD.id | Belakangan ini, masyarakat dibikin heboh dengan tersebar luasnya video MotoGP ala petani Tembakau di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Dalam video berdurasi 1 menit tersebut, tampak tiga pembalap motor dengan membawa tumpukan tembakau dalam karung.

Para pembalap tampak beradu kecepatan layaknya pembalap MotoGP di jalan raya dan di jalan setapak sawah. Video itu kini viral dan tersebar di berbagai media sosial baik di FB, story WA, Instagram dan Youtube.

Kreator konten video MotoGP tembakau, Farid Alvino (42) mengaku, adanya video balapan dengan konsep MotoGP yang diaktori patani tembakau itu sebagai respon terhadap anjloknya tembakau di Pamekasan.

Baca :  Pemkab Pamekasan Targetkan Juara Umum Pada Ajang MTQ 2021

Setidaknya, kata Farid Alvino, video yang dibuatnya itu menjadi pelipir lara bagi para petani dan masyarakat di Pamekasan yang mengeluhkan murahnya harga tembakau.

“Ya sekarang ini kan tembakau melimpah, tapi harga murah tidak seperti isu yang sebelumnya yang katanya akan mahal. Apalagi pabrik dan gudang tembakau pilah-pilih dalam memilih kualitas tembakau, jadi tembakau petani yang dijual tidak bisa semudah itu saja akan cocok ke pabrik dan gudang,” kata Farid yang merupakan warga Desa Tobungan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan itu.

Lebih lanjut, Farid sapaan akrab Farid Alvino itu mengatakan, meskipun sebenarnya pembuata video MotoGP tembakaj itu hanya iseng, dan ia tidak menyangka kalau videonya akan seviral ini.

Baca :  Resmi Dilantik, IPNU-IPPNU Pamekasan Komitmen Genjot Kaderisasi

“Mulanya ya hanya iseng-iseng saja membuat video itu, gak tahunya sampai seviral ini, ya alhamdulillah,” kata pria yang kesehariannya jadi tukang bengkel itu.

Farid juga berpesan kepada para uploader yang mempunyai konten youtube, instagram, Facebook yang kini banyak mengupload video hasil karyanya, untuk setidaknya meminta izin dulu kepadanya bila mau meng-upload kembali hasil karyanya.

Karena, kata Farid, menghargai karya video orang lain itu lebih baik dari pada menyolong.

“Bagi yang mereupload ulang video saya, tolong jangan asal ambil dan upload begitu saja. Setiap video itu ada hak cipta dan hak patennya. Pesan saya, hargailah karya dan jerih payah orang lain. Untuk semua yang ngambil video saya, tolong izin dulu,” tutupnya. (haz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here