‘Aku Tidak Bisa Bernapas’, Aksi Solidaritas untuk George Floyd di Amsterdam

122
0
Protes, George Floyd, Amsterdam
Foto: Orang-orang mengikuti aksi solidaritas menentang kematian George Floyd di tahanan polisi Minneapolis, di Amsterdam, Belanda 1 Juni 2020. (Reuters/Eva Plevier)

LEAD.co.id | Ribuan demonstran melakukan aksi solidaritas untuk George Floyd, di Amsterdam, Belanda, Senin (1/6/2020). Mereka meneriakkan “Aku tidak bisa bernapas”, sebagai bentuk dukungan kepada Floyd, seorang Amerika berkulit hitam yang tewas dalam tahanan polisi di Amerika Serikat pekan lalu.

Sekitar 10.000 memenuhi alun-alun Dam Amsterdam, mengabaikan seruan untuk pembatasan sosial dan berteriak “Orang kulit hitam penting” dan “Tidak ada keadilan, tidak ada kedamaian”.

Sumber Reuters melaporkan, kerumunan massa memblokir lalu lintas dalam aksi solidaritas ini, tetapi tidak ada kekerasan.

Sebelumnya, rekaman video yang viral menunjukkan seorang polisi kulit putih di Minneapolis berlutut di leher Floyd (46), selama hampir sembilan menit Senin lalu sebelum dia meninggal.

Baca :  Hadapi Dengan Senyuman, Dewa 19 Akan Gelar Konser Solidaritas

Derek Chauvin, petugas polisi (44) yang dipecat sejak terlibat dalam insiden itu, telah didakwa dengan pembunuhan tingkat tiga dan pembunuhan tingkat dua. Dia dibebaskan dengan jaminan $ 500.000 dan dijadwalkan muncul di pengadilan pada 8 Juni, menurut catatan penjara.

Sumber: Reuters
Reporter: R. Ferra
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here