Banjir Semarang: HMI Terjunkan Satgas ICR

0
Banjir Semarang, HMI, Relawan Bencana
Badko HMI Jateng-DIY membentuk Satgas Kebencanaan ‘Insan Cita Rescue’ (ICR) untuk membantu warga terdampak banjir di Kota Semarang

LEAD.co.id | Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jateng-DI Yogyakarta membentuk Satgas Kebencanaan ‘Insan Cita Rescue’ (ICR) untuk membantu masyarakat terdampak bencana banjir di Kota Semarang.

“Wadah ini dibentuk sebagai dedikasi komitmen kader HMI dalam melaksanakan kerja-kerja organisasi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat secara langsung,” ungkap Ketua Umum Badko HMI Jateng-DIY, Sahal Munir melalui keterangan pers, pada Selasa (9/2/2021).

Sahal menambah, wadah ini dibentuk di seluruh Jawa Tengah melibatkan kader-kader daerah yang siap siaga mengabdi dalam agenda tanggap kebencanaan. Bukan hanya persoalan banjir saja, kader tanggap bencana ICR juga terjun ketika ada bencana mulai tanah longsor, kekeringan dan bencana lainnya.

Baca :  Semarang Dihantam Banjir, Lima Kecamatan Terdampak

“Hari ini kami untuk tahap awal di titik bagian paling parah dari bencana di kota Semarang, yaitu di Kaligawe. Kami targetkan terjun kembali di beberapa titik kota Semarang yang kategorinya masih parah” turut Sahal.

Ketua Satgas ICR Kota Semarang Zulfikar menambahkan, seminggu terakhir ini curah hujan di kota Semarang sangat lebat. Tiga hari yang lalu puncak dari bencana banjir di kota Semarang. Banyak sekali titik banjir di berbagai lokasi.

“Insan Cita Rescue ini merupakan wadah yang sangat bermanfaat bagi kader HMI untuk bergabung dalam wadah ini untuk melaksanakan misi kemanusiaan dengan ikut andil dalam agenda siap siaga kebencanaan,” ujar Zul.

Baca :  Banjir Semarang: BMKG Perpanjang Peringatan Dini

Zulfikar sekaligus Ketua Umum HMI Cabang Semarang menyatakan daerah Kaligawe merupakan bagian dari titik parah. Sampai hari ini air masih tinggi sehingga aktivitas warga sangat terbatas.

“Dari keterbatasan aktivitas warga ini, kami terjun langsung membagikan sembako kepada warga terdampak berharap paling tidak bisa sedikit mengurangi beban warga yang terdampak atas bencana ini,” Tutur Zul.

Diketahui, Insan Cita Rescue (ICR) ini diinisiasi oleh Ketua Umum Badko HMI Jateng-DI Yogyakarta dan beberapa pengurusnya serta Ketua Umum HMI Cabang Semarang karena melihat peta potensi bencana di Jawa Tengah beserta kebutuhan kader siap siaga bencananya.

Baca :  Banjir Semarang: BMKG Perpanjang Peringatan Dini

Penulis: M. Ikhsan
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here