Cegah Korupsi, Pemkab Pamekasan minta Pendampingan KPK

0

LEAD.co.id | Pemerintah Kabupaten Pamekasan meminta pendampingan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 dalam upaya mencegah terjadinya korupsi pada penggunaan keuangan daerah.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dalam sambutannya meminta KPK turun langsung ke Pamekasan pada pembahasan APBD 2021.

“Biar ada transparansi dan kehati-hatian dalam pemanfaatan APBD Pemkab Pamekasan ini,” Kata Bupati Baddrut dalam sambutannya di acara Rapat Koordinasi Optimalisasi Penyerapan Anggaran di Tengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Mandhepa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Senin (28/9/2020).

Dalam Rakor yang dihadiri pimpinan KPK Nurul Gufron tersebut, Baddrut Tamam mengungkapkan, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menjadikan Pemerintahan yang dipimpinnya bebas dari korupsi.

“Intinya syarat utama kabupaten itu bersih atau dimulai dari komitmen pemimpin, aparaturnya, baru kemudian partisipasi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Pimpinan KPK, Nurul Ghufron menjelaskan, kedatangannya tersebut selain sosialisasi pencegahan juga untuk mengetahui komitmen Pemkab Pamekasan dalam mencegah korupsi.

Dalam upaya pencegahan korupsi, kata Nurul Ghufron, maka dapat ditandai dengan dua hal, pertama, komitmen dari pimpinan daerah untuk mencegah korupsi.

“Kedua, komitmen itu nantinya diimplementasikan dalam program apa saja misalnya tidak ada transparansi, ada tidak pelayanan satu atap dalam perijinan dan lain-lain,” ucapnya.

Komitmen tersebut, kata dia, bisa dimulai dari sumber daya manusia di Pemkab Pamekasan yakni berupa, mutasi jabatan, kenaikan pangkat, pengadaan barang dan jasa, perijinan dan aset daerah.

Untuk diketahui, tampak hadir dalam acara tersebut jajaran forkopimda, pimpinan OPD, Ketua DPRD Pamekasan Kapolres Pamekasan, Dandim 0826, Kejari Pamekasan, Ketua Pengadilan Negri Pamekasan. ADV

Reporter: Moh Hasanuddin
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here