Cegah Politik Uang Pada Pilkada 2020

0
Politik, Uang, Pilkada2020
Julita (Alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Nasional yang di Selenggarakan Oleh Bawaslu RI)

Oleh: Julita

Pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan tanggal 09 Desember 2020 akan diikuti oleh 270 daerah, dengan rincian 9 pilgub 224 pilbub dan 37 pilwakot di seluruh Indonesia.

Masa kampanye merupakan kesempatan calon ataupun timses untuk meyakinkan masyarakat khususnya pemilih untuk memilih calon yang mereka usung.

Hingga saat ini situasi ekonomi di saat pandemi, Politik uang masih menjadi salah satu tren yang dilakukan oleh tim sukses maupun calon itu sendiri untuk memperoleh suara pemilih waktu pencoblosan.

Diharapkan, kepada calon kepala daerah yang ikut bertarung di pilkada yang akan diadakan tanggal 09 Desember nanti, lebih mempromosikan diri mereka berdasarkan prestasi maupun jejak karir mereka.

Baca :  Pernyataan Sikap : Solidaritas dan Dukungan untuk GKR Hemas

Masyarakat juga diharapkan agar lebih cerdas dalam menentukan calon pemimpin yang akan dipilih, jangan mau lagi memilih calon yang memberi keuntungan sesaat dengan memberikan baik itu berupa uang ataupun benda ke masyarakat dengan harapan mencoblos calon yang mereka usung namun berdampak untuk 5 th yang akan datang.

Politik uang sangat berpengaruh terhadap kinerja calon yg terpilih nantinya, Calon yg terpilih akan cendrung berusaha utk mengembalikan modal kampanye mereka terlebih dahulu dibandingkan utk kepentingan masyarakat, sehingga sewaktu mereka menjabat tidak ada pembangunan yang berarti.

Baca :  Perilaku Elite Politik yang Paradoks

Selain itu, sanksi hukum juga menanti bagi oknum yang melakukannya, karena
Politik uang merupakan salah satu pelanggaran pemilu. Dalam uu pemilu, penerima maupun pemberi politik yang akan dikenakan pasal 187A UU pemilihan yaitu denda paling sedikit 200 juta rupiah dan paling banyak 1 miliar rupiah serta sanksi pidana penjara paling singkat 36 bulan dan paling lama 72 bulan.

Penulis adalah Alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Nasional yang di Selenggarakan Oleh Bawaslu RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here