Ditengah Covid-19, Perajin Ecoprint Beralih Buat Masker Kain

0

LEAD.co.id | Rifkiyatul Muharram, perajin Ecoprint asal Dusun Tambung Taok, Desa Tobungan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, banting setir sementara memproduksi masker kain.

Rifkiyatul Muharram yang akrab disapa Rifki ini mulai menjahit masker kain sejak akhir bulan lalu.

Dijelaskan, ia beralih sementara untuk memproduksi masker kain ini bukan untuk mencari keuntungan di tengah pandemi wabah Covid-19.

Namun bagaimana mencari celah untuk tetap survive dan modal usahanya tetap bisa berputar.

“Alhamdulillah berkat memproduksi masker kain ini, modal usaha saya terus berputar dan roda ekonomi saya tetap jalan,” katanya, Sabtu (11/4/2020).

Baca :  Kapolres Pamekasan Resmikan Kampung Tangguh di Desa Bulangan Barat

Menurut Rifki, masker kain buatannya ini dijual Rp 4000 per pcs. Hingga saat ini sudah laku sebanyak 2000 masker. “Dan masih ada sebanyak 4000 pesanan yang kami targetkan segera selesai,” ucap ketua Muslimah Craft Center (MCC) Pamekasan itu.

Rifki mengungkapkan, ada kebahagiaan tersendiri dari upayanya banting setir ke pembuatan masker kain ini. Sebab dari usahanya ini, ia dapat memberdayakan masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah dari usaha ini, kami bisa mempekerjakan masyarakat sekitar. Sejauh ini sudah ada 8 orang yang bekerja disini,” katanya menjelaskan.

Baca :  Ribuan UMKM di Pamekasan Bakal Terima Banpres Produktif

Lebih lanjut, Rifki menjelaskan, total penghasilan dari penjualan masker kain sejauh ini mencapai Rp 10 juta rupiah.

Untuk diketahui, masker yang diproduksi Rifki tersebut tidak semuanya dijual, ada juga yang dibagikan gratis kepada warga sekitar dan masyarakat yang membutuhkan.

Reporter : Priyanto D
Editor : Moh Hasanuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here