DMC DD Merespon Cepat Banjir di Jawa Barat

123
0
DMC, Dompet Dhuafa, Banjir, Jawa Barat
Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa merespon cepat, menerjunkan tim-nya untuk membantu masyarakat terdampak banjir

LEAD.co.id | Bencana banjir menerjang Jakarta, Bekasi, hingga sebagian wilayah Jawa Barat bagian utara. Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa merespon cepat, menerjunkan tim-nya untuk membantu masyarakat terdampak banjir tersebut.

Banjir di Subang

Ribuan rumah terdampak banjir di delapan (8) Kecamatan di Kabupaten Subang, Jawa Barat, berdasar data BPBD Jawa Barat, Jumat (28/2/2020). Wilayah terdampak meliputi Kecamatan Purwadadi, Pagaden, Pusakanagara, Pamanukan, Ciasem, Binong, Pusakajaya dan Compreng.

Ketinggian air akibat banjir mencapai 1,5 meter setelah hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan sejumlah tanggul sungai Cilamaya dan Ciaseum akhirnya jebol.

Akibat bencana ini, sebanyak 5.938 Jiwa mengungsi dan 3.435 rumah terdampak. Di wilayah Kecamatan Pamanukan terdapat 635 rumah terdampak di desa Rancasari, 100 rumah terdampak di desa Lengkong Jaya, 230 rumah terdampak di desa Pamanukan Hilir, 280 rumah terdampak di desa Pamanukan dan 474 rumah terdampak di desa Karangmulya.

Saat ini, tim Disaster Management Center (DMC) telah menerjunkan 4 personil, sebuah mobil rescue dan sebuah perahu karet. Kebutuhan darurat bagi penyintas terdampak saat ini yaitu makanan pokok, logistik sembako, air bersih dan konsumsi, selimut, tikar/matras dan makanan bayi.

Baca :  Dompet Dhuafa Tebar Zakat Fitrah Hingga Pelosok Nusantara

“Tim telah mendistribusikan logistik sejumlah 32 paket bahan makanan untuk dapur umum di Masjid Al Falah serta distribusi 100 paket makanan di Gang Banca RT 004/006 Kampung Baru, Desa Mulya Sari, Kecamatan Pemanukan”, tambah Benny selaku Direktur Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

Banjir di Karawang

Sementara di wilayah Karawang, banjir mengakibatkan 30 desa dalam 14 Kecamatan di Kabupaten Karawang terendam, sejak Senin (24/2). Menurut BPBD Karawang, sebanyak 32.961 jiwa dengan 11. 212 keluarga terdampak. Sementara 9.514 jiwa dengan 3.111 keluarga mengungsi. Sejauh ini terdapat 14 titik pegungsian dan 10.529 rumah terdampak.

Hingga hari ini, tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa telah mengevakuasi 30 jiwa warga Dusun Kampek, Desa Kararangligar, Kecamatan Telukjambe sejak Rabu kemarin (26/2).

Baca :  BNPB Ungkap Pengungsian Tertinggi Berada di Kabupaten Bogor

“Pendistribusian Logistik sebanyak 300 paket konsumsi di Dusun Pengasinan, Desa Kararangligar, Kecamatan Telukjambe, Karawang, Jawa Barat dengan jumlah penerima manfaat mencapai 330 jiwa hingga Jumat ini (28/02)”, ungkap Benny.

Banjir di Bekasi

Sementara banjir yang menggenangi wilayah Muara Gembong, Kabupaten Bekasi sejak Kamis (27/2) telah berangsur surut dengan titik terdalam rata-rata selutut org dewasa 0 – 50 cm. Hingga kemarin tim DMC Dompet Dhuafa memantau banjir di wilayah desa Pantai Harapan Jaya dengan kondisi pemukiman sebagian masih tergenang air. Sejauh ini tidak ada titik sentral pengungsian karena warga bertahan dirumah.

Jumlah wilayah terdampak diketahui sebanyak 6 RT yang kurang lebih dihuni 480 Kepala Keluarga. Sementara kebutuhan penyintas yang sangat diperlukan yaitu bahan makanan mentah, makanan siap santap dan layanan kesehatan. Sejak kemarin tim DMC Dompet Dhuafa telah merespon dengan mendistribusi 10 paket logistik, 30 lembar selimut, 3 koli sandang layak pakai di RT 02/08.

Baca :  Solusi Cekal Penyebaran Corona dari DMC DD dan RS Kartika

Sementara di hari Kamis kemarin (27/2), tim memantau wilayah di Desa Pantai Bakti, dengan kondisi pemukiman sebagian masih tergenang air, namun muka air sudah surut.

TNI-Polri juga turut membantu perbaikan sementara terhadap tanggul yang jebol. Pos pengungsian berada di PAUD Qolbun Salim, Kp. Kedung Bokor RT 03/03. Namun hanya beberapa orang saja yang tersisa karena sebagian sudah kembali ke rumah. Wilayah terdampak mencapai 6 RT dalam 2 RW dengan kurang lebih 800 Kepala Keluarga.

Kebutuhan saat ini bagi penyintas di Desa Pantai Bakti yaitu bahan makanan mentah hingga makanan siap santap. Tim DMC Dompet Dhuafa telah merespon dengan mendistribusikan 100 buah roti, 3 dus biskuit hingga 1 dus wafer di PAUD Qalbun Salim di RT 03/03. Tim DMC Dompet Dhuafa menerjunkan sebanyak 4 Personil dengan armada meliputi satu unit mobil dan sebuah perahu LCR.

Sumber: Humas DD

Editor: Fardiansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here