DMC Dompet Dhuafa Ringankan Beban Pengungsi Gempa di Halmahera

0

LEADco.id | Menerjang beratnya akses yang dilewati sekitar 5-7 jam ke lokasi gempa, tidak menyurutkan semangat tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dalam memberikan bantuan kepada korban gempa di halmahera Selatan. Jalan yang terjal dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua menyulitkan tim Disaster Management Center Dompet Dhuafa untuk menyalurkan bantuan. Merespon bencana yang melanda masyarakat di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Dompet Dhuafa telah membuka pos di Kediaman Musnawir di Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan.

“Hari ini tim lanjutkan perjalanan dari Gane Barat menuju Gane Luar dan membutuhkan waktu 5 jam perjalanan, Jarak dari Gane Luar ke Gane Dalam kurang lebih satu jam perjalanan. Itu pun jalur yang ditempuh dengan menanjak. Untuk besok tim akan pergi ke Pulau Bacan untuk mencari kebutuhan dasar. Logistik masuk hanya dari Pulau Bacan, karena akses yang lebih dekat di sana, Terdampak masih membutuhkan beberapa bantuan selain makanan dan minuman bersih, mereka juga membutuhkan seperti matras, selimut, terpal, alat penerangan, kebutuhan bayi dan medis,”ucap Narwan Koordinator Disaster Management Center Dompet Dhuafa

Baca :  Wakili 13 Lembaga, Dompet Dhuafa Kerjasama dengan Dirjen Dukcapil

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh tim DMC Dompet Dhuafa Hingga Senin (22/07), sebanyak 3.104 jiwa telah mengungsi. Adapun 51 jiwa mengalami luka-luka dan 6 jiwa meninggal dunia. Fasilitas umum juga mengalami kerusakan dengan total 982 unit. Dengan rincian sebagai berikut: 971 unit rumah, 3 unit rumah ibadah, 7 unit sekolah, 1 unit fasilitas kesehatan. Disaster Management Center (DMC) telah mendirikan Pos satelit sudah di tiga titik: yakni di Dusun Lopong, Dusun Gimah, dan di belakang SMA Gane Luar. Rencananya Tim DMC Dompet Dhuafa akan menelusuri ke Pulau Bacan untuk melihat kondisi kerusakan di sana.

Baca :  Bersama YBM PLN, DD Semprot Pesantren di Bogor

Tim Disaster Management Center Dompet Dhuafa saat ini tengah mempersiapkan pembangunan mushola dan MCK darurat untuk warga. Berdasarkan pantauan tim Dompet Dhuafa sebanyak 80% rumah di Desa Gane dan Gane Dalam telah hancur. Kondisinya cukup memprihatinkan, mengingat kebanyakan rumah sudah rata dengan tanah. Selain itu tim Disaster Managemet Center (DMC) akan mendistribusikan bantuan kepada korban gempa di Halmahera Selatan berupa sembako,dan perlengkapan higienis. Sebab banyak dari masyarakat kini mengeluhkan penyakit pasca bencana, seperti gatal-gatal, dan lainnya. Gempa 7,2 SR membuat Ratusan warga banyak yang mendirikan tenda darurat karena rumah mereka banyak yang hancur. (Dzl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here