DP3AB Pamekasan Lampaui Target Akseptor KB

0

LEAD.co.id | Kesadaran masyarakat di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, untuk mengikuti program keluarga berencana (KB) terbilang cukup baik. Hal itu terbukti dari jumlah capaian akseptor KB melampaui target yang direncanakan.

Perolehan akseptor KB di Kabupaten Pamekasan pada Harganas ke 27 tahun 2020 ini berhasil melampaui target yakni 2.358 orang dari target yang ditentukan yakni 1.338 orang.

“Untuk Pamekasan, kami ditarget 1.338 orang dari semua metode kontrasepsi baik MKJP dan non MKJP. Alhamdulillah selama rangkaian kegiatan Harganas 2020 ini kami melebih target yang telah ditentukan, dengan total capaian yakni 2.358 orang,” Kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (DP3AB) Pamekasan, Yudistinah, Selasa (7/7/2020).

Yusdistinah yang akrab disapa Yus itu merinci, pencapaian IUD mencapai 52 orang, kemudian operasi wanita sebanyak 19 orang, kemudian kondom 43 orang.

“Kemudian untuk implan sebanyak 200 orang, suntik 1187 orang dan pil 827 orang. Total keseluruhan mencapai 2358 orang,” katanya menjelaskan.

Dijelaskan, banyak hal yang mempengaruhi pencapaian tersebut, salah satunya yakni semangat petugas penyuluh KB di lapangan.

“Dari 54 tenaga penyuluh KB yang kami miliki yang tersebar di 13 kecamatan ini menjadi salah satu kunci Raihan ini,” jelasnya.

Disamping itu, kerjasama lintas sektoral yang baik. Kemudian tingginya rasa memiliki terkait kelangsungan program ketahanan keluarga. “Sehingga angka pemasangan KB di Pamekasan meningkat,” jelasnya.

Reporter: Moh Hasanuddin
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here