GASAC Hadiahi Kejari Cianjur Tolak Angin

0

LEAD.co.id | Gerakan Save Aktivis Cianjur (GASAC) Gelar Aksi Demonstrasi di depan gedung Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur Kamis Pagi (04/07/2019). Aksi yang diinisiasi oleh sejumlah mahasiswa ini dimulai dengan melakukan longmacrh dari jl. Dr Muardi hingga Kantor Kejari.

Dalam orasinya massa aksi menuntut untuk membebaskan Aktivis Anti Korupsi, Ridwan Mubarok (RM) dan beberapa aktivis lainnya, yang sekarang didekap di Lembaga Pemasyarakatan (LP) II B, Cianjur. Terpantau lebih dari 25 orang yang menginginkan adanya audiensi dengan pihak kejaksaan guna memenuhi tuntutannya.

Di wakili Tia Kurniadi, selaku jaksa penuntut umum Kejari Cianjur menuturkan, dirinya belum mengetahui adanya aksi ini lantaran tidak ada tembusan surat kepada pihaknya.

Baca :  Aksi Protes di Iran, Dubes Inggris Ditangkap

“Belum mengetahui ada surat aksi terkait kasus ini yang di layangkan GASAC. Biasanya ada tembusan dari Intel Polres Cianjur juga,” ujarnya saat berdialog dengan massa aksi.

Kurniadi menambah, kasus ini sedang dalam penanganan pihaknya.

“Kasus ini sedang dalam penanganannya yang dilimpahkan dari Kejaksaan Tinggi, saya pribadi pun tidak tahu apa-apa”.

Ditempat yang sama, Jajang selaku Koordintor Lapangan membantah apa yang disampaikan oleh Tia Kurniadi tersoal izin aksi.

“Surat pemberitahuan ini sudah masuk hari Selasa, H-3 sebelum kami turun aksi. Pernyataan yang di sampaikan oleh pihak kejaksaan itu sekedar alibi!,” tegasnya saat ditemui.

Baca :  Demo Kemendag RI, GMN Protes Impor Bawang

Terdapat 5 tuntutan yang dilayangkan oleh massa aksi, yakni;
1. Tegakan Supremasi Hukum.
2. Stop kriminalisasi terhadap aktivis.
3. Bebaskan aktivis antikorupsi RM dkk.
4. Mempertanyakan dua surat yang dilayangkan di hari yang bersamaan dari Polda Jabar dan Kejati.
5. Periksa dugaan gratifikasi pelapor sekaligus korban dalam hal ini PLT Bupati Cianjur.

Setelah selesainya audiensi dengan pihak Kejari Cianjur, massa aksi memberikan hadiah satu kotak tolak angin dan satu map berisi surat penangguhan RM dari LP II B Cianjur dikarenakan dirinya sedang menjalani perawatan kesehatan. Massa aksi pun mengancam akan melakukan kembali aksi serupa dengan jumlah yang lebih banyak jikalau tuntutannya tak di indahkan. (AP).

Baca :  Aktivis Kota Bogor Dukung PSBB Jilid 3

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here