LBH Bogor Buka Posko Pengaduan Konsumen Kavling Koperasi Prosyar

0
LBH Bogor, Zentoni, Posko Pengaduan, Koperasi, Prosyar
Direktur Eksekutif LBH Bogor, Zentoni, S.H., M.H

LEAD.co.id | Terhitung mulai hari Senin, tanggal 29 Juni 2020 Pukul 10.00 WIB, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bogor telah resmi membuka Posko Pengaduan Konsumen Kavling Koperasi Prosyar Bogor.

“Posko ini dimaksudkan untuk menampung aspirasi para konsumen yang telah melakukan pembelian lunas Kavling Koperasi Prosyar Bogor akan tetapi belum dilakukan serah terima oleh Koperasi Prosyar Bogor,” ungkap Direktur Eksekutif LBH Bogor, Zentoni, S.H., M.H melalui siaran pers, Senin (29/6/2020).

Sesuai Perjanjian Jual Beli Kavling Koperasi Prosyar disebutkan, bagi Konsumen yang telah membayar lunas sebesar Rp. 39.500.000,- (tiga puluh sembilan juta lima ratus ribu rupiah) sudah termasuk boking fee sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) akan mendapatkan: (1). Kavling Tanah seluas ┬▒ 100 M2, (2). 2 (dua) batang pohon kurma, (3). 1 (satu) buah kolam ikan lele beserta ┬▒ 10.000,- (sepuluh ribu) bibit ikan lele;

Baca :  LBH Bogor Dampingi Anak Korban Pencabulan di Polres Bogor

LBH Bogor menduga, Koperasi Prosyar Bogor selaku pemilik Kavling Prosyar Bogor yang tidak kunjung melakukan serah terima kepada para konsumen yang telah lunas adalah perbuatan wanprestasi atau ingkar janji sebagaimana diatur dalam Pasal 1238, 1243 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, yang menentukan bahwa:

Debitur dinyatakan lalai dengan surat perintah, atau dengan akta sejenis itu, atau berdasarkan kekuatan dari perikatan sendiri, yaitu bila perikatan ini mengakibatkan debitur harus dianggap lalai dengan lewatnya waktu yang ditentukan

Penggantian biaya, kerugian dan bunga karena tak dipenuhinya sutau perikatan mulai diwajibkan bila debitur walaupun telah dinyatakan lalai tetap lalai memenuhi perikatan itu atau jika sesuatu yang harus diberikan atau dilakukannya hanya dapat diberikan atau dilakukannya dalam waktu yang melampaui waktu yang ditentukan

Baca :  Deposito Tidak Cair, LBH Bogor Buka Posko Pengaduan┬áNasabah KSB

Untuk itu, LBH Bogor mengimbau kepada masyarakat luas selaku konsumen Kavling Koperasi Prosyar Bogor agar segera mendaftarkan diri ke Posko yang telah dibuka oleh LBH Bogor yang beralamat di: Jl. K.H. R. Abdullah Bin Nuh Kav. 23, Taman Yasmin, Kota Bogor, HP/WA: 081317422079.

“Untuk selanjutnya diajukan upaya hukum sesuai peraturan perundangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Zentoni.

Reporter : Jhonie
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here