Meriahkan Hari Anak Nasional, Komunitas GPAN Bali Berbagi untuk Negeri

0
Komunitas, GPAN, Bali
Komunitas GPAN Bali Berbagi untuk Negeri

LEAD.co.id | Hari Anak adalah acara yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain.

Perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia. Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Regional Bali tak ketinggalan juga merayakan hari Anak dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah mengadakan kegiatan mendongeng di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Bala Keselamatan di Jalan Cokroaminoto No 34 Denpasar Bali. Kegiatan mendongeng diadakan pada hari Sabtu (25/7/2020) dari pukul 16.00 wita hingga selesai.

Baca :  Ogoh Ogoh Meriahkan Hari Nyepi di Bali

Disini terdapat 30 anak yang tinggal dan dibantu biaya pendidikannya oleh yayasan. Rata-rata anak-anak yang tinggal disana berusia sekolah dasar. Meskipun pandemi covid-19 sudah memasuki new normal. Komunitas GPAN Bali dalam menyelenggarakan agenda mendongeng tetap menggunakan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker kain. Adapun dongeng yang diceritakan adalah Kisah tentang Jalak Bali yang menjadi kearifan lokal budaya setempat. Anak-anak juga diajak permainan tepuk tangan dan bernyanyi. Komunitas GPAN Bali juga memberikan bingkissan kue,buku-buku dongeng pendidikan dan hand sanitizer untuk anak-anak penghuni LKSA Bala Keselamatan.

Baca :  Serunya Nobar Film Europe On Screen 2019 di Bali

Project Leader kegiatan mendongeng yakni Astri Swarani Patera mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya mengadakan agenda mendongeng karena sarat akan nilai-nilai kebaikan

“Harapannya kegiatan mendongebg bisa hadir ditempat-tempat seperti ini” tuturnya.

Di lokasi yang sama,Ketua Komunitas GPAN Bali yakni Muh Soekarno mengatakan bahwa komunitasnya bisa menebar kebaikan kecil ditengah pandemi covid-19.

“Harapannya kita masih berbagi kebahagiaan, saling support, motivasi di saat pandemi” ungkapnya.

Lanjut pemuda yang disapa Arno ini. Selain acara mendongeng komunitas GPAN Bali juga mengadakan lomba
photo challenge bertema Kearifan lokal.

Baca :  Dukung Pendidikan, Turun Tangan Bali Bantu Sekolah Inklusif

“Kami juga mengadakan lomba photo challenge serangkaian hari anak nasional yang bisa diikuti oleh masyarakat.Syarat dan ketentuan bisa di cek di Instagram GPAN Bali,” terangnya.

Sumber: Herdian Armandhan
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here