Oviral Pustaka Kementan Jadi Layanan Perpustakaan Berbasis Virtual Favorit

0

LEAD.co.id | Setelah diresmikan oleh Menteri Pertanian pada 3 Maret 2020 di Museum Tanah dan Pertanian, Open Virtual Literacy (Oviral) Room PUSTAKA Kementan yang dikelola oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (Pustaka) menjadi model literasi virtual yang selalu ditunggu penggunanya.
Terbukti Oviral tersebut berhasil menggaet 6.500 orang hanya dalam waktu dua bulan. Berbagai event telah digelar dalam Oviral tersebut.

Salah satu event besar yang diselenggarakan adalah Webinar Strategi Pengamanan Pangan Saat dan Pasca Covid-19, kolaborasi dengan Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) yang telah menggaet 1.300 orang melalui Oviral yang terhubung dengan live streaming Youtube, Jumat (15/05/2020)

Seminar tersebut menghadirkan narasumber Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi, Guru Besar Tetap Ilmu Eknomi Pertanian, UNILA Lampung Bustanul Arifin, Ketua KTNA Nasional Winarno Tohir, Wakil Menteri Pertanian Tahun 2011-2014 Rusman Heriawan, serta Ketua Umum PERAGI Andi Muhammad Syakir.

Baca :  Tingkatkan Kinerja, Puslatan Adakan Bimtek Sistem Manajemen Mutu (ISO)

Sebelumnya pada hari-hari besar nasional, Oviral juga menggelar event besar seperti Peringatan Hari Kartini yang telah menghadirkan penyuluh teladan Evrina Budianti, Peneliti tanaman obat Hera Rahmawati, Petani Milenial Malahayati, Pustakawan milenial Ceria Isra Ningtyas.
Selain itu pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional juga digelar seminar dengan menghadirkan narasumber Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Ida Widhi Arshanti, Kepala PUSTAKA Retno Sri Hartati Mulyandari, dan Peneliti PSE-KP Syahyuti.

Selain event-event besar Oviral juga dilaksanakan rutin untuk literasi, peningkatan kapasitas sumberdaya manusia pertanian, knowlegde sharing maupun rapat-rapat koordinasi.

Bahkan dalam debut terakhir pelaksanaan Oviral bertajuk “Cerdas menulis dan mempublikasikan Karya Tulis Ilmiah terindeks global” mampu menggaet hampir 500 peserta di luar yang akses ke live streaming youtube.

Baca :  Antisipasi Corona, Pengunjung Perpus Pamekasan Bisa Akses "e-maos"

Kepala PUSTAKA Retno Sri Hartati Mulyandari menyampaikan bahwa Oviral PUSTAKA Kementerian Pertanian yang dilengkapi dengan Open virtual literacy (Oviral) room yang ia buat sebelum muncul pandemi Covid-19 dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain tidak hanya event yang diselenggarakan PUSTAKA. Ia tidak menyangka bahwa ide membuat Oviral dengan Oviral roomnya akan disambut sedemikian besar.

Oviral menjadi ruang online yang selalu padat pengguna dengan berbagai event dan kegiatan.
Selanjutnya Retno menambahkan bahwa setiap hari Oviral memiliki jadwal virtual literacy (VL) reguler dua kali sehari yang digelar oleh pustakawan dengan tema terkait peningkatan profesionalisme dan tata kelola/manajemen perpustakaan bagi para pustakawan.

Selain itu beberapa tema VL digelar berdasarkan permintaan pengguna (peneliti, petani dan penyuluh) di antaranya adalah VL Strategi Kendalikan Hama Tikus yang menghadirkan peneliti dari BPTP Jawa Tengah dan VL Pengendalian Hama Terpadu (PHT) Padi yang menghadirkan peneliti dari BPTP Yogyakarta.

Baca :  Puslatan Kirim Peserta Pelatihan Alsintan ke CV. Karya Hidup Sentosa Yogyakarta

Selanjutnya ada VL Strategi cerdas menulis Karya Tulis Ilmiah yang dilaksanakan sebanyak 3 sesi. Tema VL yang lain adalah dengan tajuk “Viral Agriculture in Actoon” yaitu live secara virtual bersama para petani, penyuluh, dan pelaku usaha pertanian, dalam kegiatan pertanian.

Beberapa kegiatan tersebut di antaranya adalah Live Panen dan Live Tanam bersama para petani maupun penyuluh di Jawa Tengah.
Masih banyak lagi tema-tema yang digelar melalui Oviral Room PUSTAKA Kementan yang tentu saja dengan semangat “library comes to you”.

Reporter : Ria
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here