Perisai Cabang DKI Kutuk Tindakan Represif Oknum Polisi Pamekasan

0

LEAD.co.id | Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) Cabang DKI Jakarta kecam tindakan represif yang dilakukan oknum anggota kepolisian terhadap salah satu kader PMII cabang Pamekasan dalam aksi demonstrasi yang digelar pada Kamis (25/6/2020).

Ivand Wakano selaku Ketua Cabang Perisai DKI mengatakan, pihaknya sangat mengecam tindakan tersebut. Menurutnya pihak Kepolisian seharusnya tidak melakukan tindakan represif terhadap masa aksi, karena menyampaikan pendapat itu di lindungi undang-undang No 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

“Kami Perisai DKI mengecam keras atas Tindakan represif yang dilakukan oleh anggota polisi dalam aksi di Pamekasan, sehingga mengakibatkan sahabat kami terluka dan dilarikan ke rumah sakit. Kami juga sangat menyangkan tindakan tersebut,” sampainya.

Baca :  Polri Rilis Capaian Kinerja, Ada Peran Media Online

Dirinya menambahkan, seharusnya pihak kepolisian bisa mengayomi dan memberikan rasa aman untuk masyarakat ketika menyampaikan pendapat di muka umum dalam hal ini mahasiswa selaku intelektual muda.

Pihaknya jugq mendesak Kapolri segera mengusut tuntas tindakan represif yang dilakukan anggotanya terhadap kader PMII Pamekasan.

“PC Perisai DKI mendesak Kapolri untuk menindak tegas Kapolres Pamekasan atas hilang kendalinya mengontrol anggota kepolisian yang ada dibawah komandonya. Serta menuntut untuk segera memberhentikan oknum polisi yang melakukan tindakan represif kepada kader PMII Pamekasan,” tegasnya.

Sebelumnya, tindakan represif terjadi ketika aksi turun jalan oleh PC PMII Pamekasan terkait maraknya pengrusakan lingkungan hidup (pertambangan ilegal) galian C didepan kantor Bupati Pamekasan. Selama proses aksi berlangsung, Bupati Pamekasan tak kunjung menemui masa aksi.

Baca :  982 CJH Asal Pamekasan Gagal Berangkat Ibadah Haji Tahun 2020

Reporter : Dzul
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here