Rasid, Petani Milenial yang Miliki Pusat Pelatihan Alsin

0

LEAD.co.id | Rasid Wahyono nama lengkapnya, salah satu petani milenial di lampung yang miliki pusat pelatihan pertanian dàn perdesaan swadaya (P4S). Kegiatan pelatihan dan permagangan yang berpusat di Kampung Serdang kuring, Kec. Bahuga, Kab. Way Kanan, Lampung ini semakin ràmai dikunjungi orang. Bahkan, Rasyid juga sering diminta sebagai praktisi/narasumber pelatihan di kabupaten dan propinsi.

Pusat pelatihan yang diberi nama “p4s mandiri” yang memiliki kekhususan untuk berlatih alat mesin pertanian ini hampir tidak pernah sepi dikunjungi para petani milenial untuk belajar di tempatnya.

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Mandiri yang baru berdiri tanggal 28 Januari 2019 ini sudah berhasil melatih petani milenial ditempatnya sebanyak 63 orang. Selain pelatihan alsin juga melaksanakan pelatihan yang terkait dengan irigasi pertanian. Peserta berasal dari kab. Way kanan., Kab. Mesuji. , Kab. Tulang bawang, dan Kab. Lampung utara.

Kegiatan pelatihan alat mesin pertanian ini mendapat dukungan Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Ir. Bustanul Arifin Caya M.D.M , dan berharap agar pelatihan yang dilakukan dapat mewujudkan satu desa satu teknisi alat mesin pertanian. Selanjutnya juga disampaikan bahwa, selain meningkatkan kompetensi SDM pertanian, juga perlu penguatan kelembagaan petaninya.

Disamping pelatihan alat mesin pertanian saat ini juga sudah mulai bekerjasama dengan peternak sapi untuk melaksanakan pelatihan di bidang peternakan terutama penggunaan alat mesin pengolaan pakan ternak. Bahkan P4S Mandiri dibawa binaan Balai Pelatihan Pertanian Lampung – Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP Kementan ini sempat dikunjungi Kementerian Pertanian Korea Selatan. (Sept)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here