SDM, Teknologi dan UMKM

80
0

Oleh : Akhmad Saoqillah

Saat ini pemerintah akan fokus mengembangkan SDM Indonesia. Hal ini tentunya merupakan sesuatu yang patut kita apresiasi, pasalnya Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2020-2045. Bonus demografi ini tentunya harus dimanfaatkan pemerintah dengan sebaiknya-baik nya karena jika tidak, maka akan menjadi boomerang buat bangsa ini.

Jika kita berbicara pengembangan SDM tentu akan sangat luas cakupannya. Pasalnya banyak cara untuk mengembangkan SDM, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Kenapa harus dengan teknologi informasi?

Hal ini tentunya, karena kita tahu, bangsa ini sedang berada di era teknologi informasi atau yang biasa kita sebut era 4.0. Era 4.0 adalah era dimana segala hal menggunakan teknologi atau yang biasa kita sebut internet of thing. Hal ini terbukti dengan makin menjamurnya pengguna internet di negeri ini. 

Sehubungan dengan hal itu, maka pemanfaatkan teknologi tentu menjadi hal yang harus dilakukan.   Kehadiran teknologi akan mendukung pengembangan sumber daya manusia (Human Resource Development) merupakan hal yang tak dapat ditawar lagi. Seperti dikemukakan oleh Kevin Thompson, Co Owner ASI Asia Pacific bahwa sangat penting untuk memanfaatkan teknologi dalam mendukung berkembangnya SDM unggul. 

Perkembangan industri 4.0 saat ini harus disikapi secara bijak dengan pemahaman teknologi SDM, salah satunya dengan menjadikan teknologi sebagai solusi penting untuk mendapatkan SDM berkualitas secara terukur, efektif, dan efisien. Industri dan institusi butuh hal itu kalau ingin lebih kompetitif mencetak SDM-SDM terbaiknya,

Salah satu yang perlu digenjot oleh pemerintah dalam upanya mengembangkan SDM adalah dengan mengembangkan UMKM. Mengapa demikian! Tentu kita semua tau bahwa UMKM merupakan salah bisnis yang tidak terkena gelombang krisis pada tahun 1998 yang lalu. UMKM terbukti tetap kokoh walaupun diterjang krisis kala itu. 

Berbicara UMKM tentunya erat kaitanya dengan pengembangan sumber daya manusia, hal ini dikarenakan UMKM merupakan bagian dari bisnis atau wirausaha. Jika SDM kita banyak yang menjadi wirausaha tentunya hal ini akan menyumbang ke devisa Negara. Banyak contoh negara maju yang mengembangkan SDM dengan cara menggenjot rakyatnya menjadi pengusaha misalnya saja Jepang. Mengutip dari berbagai literatur Jepang bisa menjadi negara maju dikarenakan rakyatnya banyak yang menjadi pengusaha, artinya pendapatan negara tersebut banyak ditopang oleh pengusaha.

Salah satu usaha bottom up adalah UMKM, jika kita menilik UMKM di Indonesia tentunya sudah semakin baik, UMKM Indonesia sudah mulai Go-Digital. Hal ini terbukti salah satunya dengan kemunculan batik trusmi online, artinya konsep pemanfaatan teknologi sudah mulai di manfaatkan. Tinggal sekarang keseriusan pemerintah untuk lebih mengembangkannya.

 

Baca :  PKBM Karya Mekar Lakukan Penilaian Tengah Semester

Penulis adalah Pengamat Komunikasi Digital

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here