Seminar Berdirinya Kota Pakuan dan Kerajaan Sunda, Membuka Wawasan Masyarakat

0
Seminar, Budaya, Pajajaran
Seminar Budaya dengan tema "Berdirinya Kota Pakuan dan Kerajaan Sunda", di di Kampung Budaya Sindang Barang, Sabtu (25/7/2020).

LEAD.co.id | Pupuhu Kampung Budaya Sindang Barang menyelenggarakan Seminar Budaya dengan tema “Berdirinya Kota Pakuan dan Kerajaan Sunda”, bertempat di Kampung Budaya Sindang Barang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Sabtu (25/7/2020).

Dalam seminar ini mengundang dua pembicara yaitu Prof. Dr. Agus Aris Munandar dari UI dengan makalah yang berjudul “Dayeuh Kerajaan Sunda masa Tohaan di Sunda Tarusbawa berdasarkan Sumber Tertulis dan data Arkeologis”, dan pembicara kedua Ilham Nurwansah, MPd dari PPIM UIN Jakarta dengan makalah “Maharaja Tarusbawa dalam Naskah Sunda”.

Baca :  Ngalokat Cai, Totopong dan Kirab Pusaka Nusantara akan digelar MCKN Bogor

Seminar dibuka oleh Pupuhu Kampung Budaya Sindang Barang, Maki Sumawijaya, dengan harapan dengan seminar ini akan terbuka bahwa Pakuan itu sudah ada dari lebih 1000 th lalu di abad 8 dari masa Tarusbawa, dan Hari Jadi Bogor saat ini diambil dari dilantiknya Sribaduga.

“Semoga dengan diskusi Budaya ini akan menambah wawasan bagi masyarakat Bogor,” harap Abah Maki, sapaan akrabnya.

Seminar, Budaya, Pajajaran
Peserta Seminar Budaya dengan tema “Berdirinya Kota Pakuan dan Kerajaan Sunda” saat foto bersama, Sabtu (25/7/2020).

Diskusi yang dipandu oleh Hendra M Astari dari Founder Napaktilas Peninggalan Budaya ini sangat menarik, sehingga diskusi meluas dengan bahasan Rancahmaya, Lawang Salapan, Samida dan lainnya.

Baca :  Gelar Sarasehan, Walikota Bogor Bahas Prasasti Batutulis

Seminar yang menerapkan Protokol Kesehatan penuh ini diikuti peserta yang terbatas dan ditutup pukul 11.30 dilanjutkan dengan Ramah tamah.

Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here