Tangani Covid-19, Pengusaha Peduli NKRI Sumbang 80 Ton Alkes

0
Pengusaha Peduli NKRI, Alkes, Covid-19
Pengusaha Peduli NKRI yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyumbangkan 80 ton Alkes untuk penanganan Covid-19.

LEAD.co.id | Bantuan dari berbagai pihak datang seiring bertambahnya kasus Covid-19 di Indonesia. Kali ini bantuan datang dari Pengusaha Peduli NKRI yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Total bantuan sebanyak 80 ton alat kesehatan (Alkes) untuk penanganan pandemic Covid-19.

Sekretaris Jenderal Kemenkes, drg. Oscar Primadi bersama Sekretaris Utama BNPB Harmensyah menerima secara simbolis bantuan tersebut. Bantuan itu terdiri dari 100 unit alat bantu pernapasan (ventilator), 75 ribu alat pelindung diri (APD), 75 ribu kaca mata pelindung, dan 20 ribu masker N95.

Baca :  Jaga Daya Beli Masyarakat, Pemerintah Longgarkan Cicilan Kredit

drg. Oscar mengatakan bantuan tersebut sangat bermakna karena menjadikan tenaga medis dan tenaga kesehatan aman saat merawat pasien Covid-19.

“Kami dari Kemenkes mengucapkan terima kasih atas semua kemurahan hati, bantuan donasi yang diberikan. Ini amat sangat bermakna sekali dalam penyelesaian masalah Covid-19,” ungkapnya seperti dikutip Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemankes RI.

Hadir mendampingi Sekretaris Jenderal, Kepala Pusat Krisis Kesehatan Budi Sylvana, Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Ditjen Yankes Andi Saguni, Kepala Biro Keuangan dan BMN Setjen Setyo Budi Hartono. Serah terima bantuan Alkes dilakukan di Tzu Chi Center Tower 2, Jakarta Utara, Senin (6/4/2020)..

Baca :  Dampak Corona, Harga Bahan Pokok di Bogor Meroket

Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto selaku koordinator donasi mengatakan, karena bantuan berwujud barang, Pemerintah telah memfasilitasi mereka (para pengusaha) lewat relaksasi perizinan impor alat kesehatan.

“Tenaga medis dan jajaran pelayanan publik adalah lini terdepan penanganan virus yang penyebarannya cepat ini. Itu sebabnya donasi lintas perusahaan berbentuk peralatan, yang kami prioritaskan untuk membantu mereka,” katanya.

Selanjutnya, terkait dengan pengalokasiannya menjadi kewenangan BNPB dan Kementerian Kesehatan.

Sumber : Biro Komunikasi Kemenkes
Reporter : Hera
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here