Aku Tak Mampuh Berjalan jika Sendiri, Aku Butuh Virus Kalian Para Master Terbaik

162
0

Oleh : Anjah (Kaum Tertindas)

Disebut-sebut sebagai makhluk lemah yang harus dilindungi membuat sebagian besar dari kita berlindung pada kata lemah. Bersembunyi pada konteks ketidakmampuan dikarenakan fisik yang memang tidak sekuat kaum adam. Meski pada kenyataanya Perempuan memang dilahirkan dengan pemikiran yang lebih mengutamakan perasaan dibanding logika. Bukan berarti perempuan juga harus manja, terlebih pada era modern sekarang ini. Sebab permpuan juga harus berani mengambil sikap dan mempimpin dalam memajukan pentingnya sebuah perkaderan di HMI.

”Menjadi orang soleh/ soleha itu bagus tetapi ketika kita merasa lebih soleh/ soleha dari yang lain itu akan lebih berbahaya bagi diri kita, menjadi orang baik itu  harus tapi merasa lebih baik dar orang lain ini akan membuat kekacauan buat diri kita yang merasa lebih baik” ayo ajak dan tengok teman – teman kita yang lagi berjuang menjadi lebih baik sampai saat ini”.

Setiap dari kita dituntut untuk bisa mandiri dan tangguh menghadapi pasang surut pengkaderan. Dan mengandalkan kemampuan diri sendiri akan sulit dalam mengelolah dan mendidik sebab kita harus kerja sama dengan orang lain untuk dapat hasil yang lebih baik maka kita meski meninggalkan Ego Sentris lebi dahulu sebelum melangkah kepada kepentingan bersama atau Ego Kesemestaan yang mana setiap kader punya Hak yang sama menjadi pemimpin dan stiap kader sama di mata BPL ( Badan Pengelolah Latihan)  Himpunan Mahasiswa Islam untuk di berikan pelatihan dan wejangan ilmu yang ada di HMI. “ kita harus seperti sapu lidi yang bergabung dalam ikatan agar lebih kuat dan kokoh untuk membangun semangat baru agar terciptanya trainer – trainer baru yang handal dan berkualitas. Inilah yang di maksud dalam sambutan ketua BPL priode 2019-2020 dalam sambutan singkatnya.

BPL saat ini berumur 2 tahun priode pertama di pimpin kanda Sugi iriangga dan Hidayat badillah selaku sekum, yang mana di usia pertama pun sudah maksimal mengelolah kegiatan, mulai dar LK I dari 6 komisariat di Merauke sampai dengan  LKK dan sempat mengikuti MUNAS ke 5 di Jakarta, Stidaknya dari perwakilan Merauke ada walau cuman 1 orang untuk mengikuti MUNAS pemilihan ketum BPL PB, dan kita percya bahwa pilihanya adalah pilihan kita di Merauke yang terbaik, di sisi lain untuk menoreh pengetahuan lewat pengalaman yang di dapat Dia di sana, sehinga kita di sisni tidak kalah information dan dinamika yang membangun di PB saat MUNAS di Jakarta.

Demi kemajuan pengkaderan dan yang usianya masih terlalu muda namun menjadi harapan untuk menciptakan kader yang berkualitas dan menghapuskan penindasan intelektual, serta menciptakan perubahan buat diri dan lingkungan tuk jauh lebih baik, itu adalah harapan kita semua. untuk mengolah latihan kader atau kegiatan non formal HMI lainya. Yang memang sudah menjadi kewajiban BPL untuk terus slalu siap setiap  saat di butuhkan kapanpun dan di manapun .

Sadar atau tidak, hidup yang semakin keras menuntut kita untuk bersaing dengan orang lain sehingga pengetahuan menjadi wajib untuk kita peroleh. Tidak peduli buku apa yang kita abaca setidaknya kita punya information walau sedikit sehingga mampuh memberikan hak akal kita berupa pengetahuan. Kemudian untuk mengembalikan kultur HMI cabang Merauke maka setiap komisariat harus kembali menjadi macan kampus dan terlibat di unit kegiatan mahasiswa di kampus dan membuat kegiatan komisariat di kampus, serta kajian kajian academic di kampus – kampus yang melibatkan dosen sebagai pemateri tuk menunjang ke ilmuan academic kader, dengan harapan  ini adalah pilihan dan ikut andil di dalamnya  adalah wajib untuk setiap kegiatan.

Bayangkan bagaimana situasi dunia kerja 5 tahun ke depan. Dengan segala persaingan yang ada apa iya kita harus bermanja-manja? Tentu tidak bukan. Ayo kita tingkatkan semangat dan hausnya ilmu pengetahuan dan mari suntikan Virus – virus semangat belajar pada diri kita agar kita mampuh menyebarkan virus itu ke siapapun yang mempunyai akal. Dan memberikan pengalamn yang di dapatkan di HMI demi meraih nilai yang baik dan mampuh terjun serta siap di dunia kerja paska perkuliahan.

 

Penulis adalah Ketua Bidang Struktur dan Kurikulum BPL HMI Cabang Merauke

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here