Berdayakan Warung Kelontongan, LKC DD Bantu Distribusi Sembako

0
LKC, Dompet Dhuafa, Distribusi, Sembako, Warung Kelontong
LKC Dompet Dhuafa mendistribusikan sembako untuk masyarakat sekitar Kampung Ciwaru, Cipocok, Kota Serang, Banten, Minggu (3/5/2020)

LEAD.co.id | Pandemi virus Corona Covid-19 membawa dampak yang luas bagi kehidupan masyarakat. Tak hanya menyebabkan permasalahan ekonomi, tapi juga berpotensi mengarah pada krisis pangan global. Dari perspektif agraria, dampak pandemi Covid-19 ini memang mengkhawatirkan menyikapi hal itu, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa melakukan pendistribusian sembako untuk masyarakat sekitar Kampung Ciwaru, Cipocok, Kota Serang, Banten, Minggu (3/5/2020).

“Pandemi Covid-19 membuat penghasilan warga menurun, sehingga mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hal itu yang mendasari adanya kegiatan pembagian sembako ini,” jelas Danan Panggih Wisastra selaku Kepala Bagian Program LKC Dompet Dhuafa Banten.

Baca :  Relawan Berkarya Bagikan Sembako untuk Para Jurnalis Bogor

Beberapa pekan yang lalu LKC Dompet Dhuafa telah meresmikan Kampung Cekal Corona di wilayah Kampung Ciwaru. Kemudian masyarakat kampung cekal corona yang terdampak ekonomi selama pandemi Covid-19 hari ini mendapatkan bantuan berupa sembako dari LKC Dompet Dhuafa.Bantuan sembako ini diberikan untuk masyarakat kampung cekal corona yang terdampak secara ekonomi, penghasilannya dibawah Upah Minimum Regional (UMR) dan yang menurun selama pandemi ini berlangsung.

“Kerjasama dengan warung sekitar juga merupakan upaya untuk menghidupkan terus perputaran ekonomi yang positif bagi warung-warung kelontong di kampung tersebut. Pendistribusian seperti ini juga dilakukan agar mereka (pemilik warung) ikut terlibat aktif dalam program ini. Warga juga mengaku cukup terbantu dengan kegiatan distribusi sembako ini,” Ujar Danan Panggih Wisastra.

Baca :  Aksi Tanggap Pramuka Bogor Tengah Sebarkan Bantuan Sosial untuk Warga

Kegiatan ini sifatnya sementara dan akan dilanjutkan dengan kegiatan ketahanan pangan keluarga, seperti budi daya lele dan budidaya tanaman pangan keluarga. Penyediaan sembako di Kampung Cekal Corona dilakukan dengan cara bersinergi dengan warung-warung sekitar. Untuk menghindari kerumunan warga atau untuk melakukan upaya psyical distancing penyaluran sembako dilakukan dengan cara menukarkan voucher. LKC Dompet Dhuafa telah memberikan voucher kepada para warga yang sudah terverifikasi sebelumnya. Kemudian voucher tersebut bisa ditukarkan dengan warung yang sudah bersinergi dengan LKC Dompet Dhuafa.

“Pembagian sembako ini sangat membantu sekali, penghasilan juga sudah menurun. Kami mengucapkan terima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa” ujar Sani (60 tahun), salah satu warga Cirawu.

Baca :  GAS Bogor Berbagi Sembako Bagi Warga Terdampak Kebijakan #diRumahSaja

Sumber: Humas DD
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here