Warga Kota Bogor Tidak Tau Kapan Bisa Menerima Bansos

0
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, PSBB, Bodebek, Covid-19, Sembako
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, paket bansos Jabar berupa bantuan tunai dan pangan non tunai senilai Rp 500 ribu diberikan selama empat bulan kedepan

LEAD.co.id | Meski Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah beberapa kali mengumumkan pembagian bantuan sosial (Bansos) berupa sembako dan uang tunai, namun banyak warga masih belum menerima dan tidak tau kapan Bansos tersebut disalurkan.

Kwatno seorang ketua RT 005/001 di Kelurahan Tanah Baru, Kota Bogor Utara mengaku belum ada informasi bantuan sosial yang diterima warganya. Dia mengaku, program Bansos yang digadang-gadangkan oleh Pemkot Bogor telah melalui pendataan terlebih dahulu oleh setiap pejabat RT dan RT, namun sampai detik ini belum ada realisasinya.

“Warga setiap saat pasti menanyakan perihal bansos ini kepada kami selaku RT, dan kami pun sama sekali belum ada informasi yang pasti baik dari pihak RW, Kelurahan ataupun pihak Kecamatan, terkait kapan bisa diturunkan bantuan tersebut,” tutur Kwatno melalui sambungan telephone, Selasa (28/4/2020).

Baca :  Bodebek Terapkan PSBB Proporsional Mulai 5 Juni

Sebelumnya, Pemkot Bogor melalui Dinas Sosial (Dinsos) telah mengumumkan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat berpenghasilan rendah siring ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bogor.

“Mulai kemarin disalurkan melalui kantor Pos dengan jumlah Rp. 500 ribu yang terdiri dari bantuan langsung sembako senilai 350 ribu dan uang tunai Rp. 150 ribu,” jelas kepala Dinsos Kota Bogor, Anggraeby Iswara, Kamis (16/4/2020).

Beberapa kali pemerintah mengumumkan pembagian Bansos membuat warga semakin bingung karena yang disampaikan berbeda dengan realisasi di lapangan. Bahkan, Kwatno mengaku sering mendatangi kantor Kelurahan untuk memastikan kembali kapan waktu pencairan Bansos ini, namun jawabannya selalu belum pasti dan ngambang. Atas hal itu, dirinya merasa terbebani, karena hampir setiap hari yang ditanyakan warga.

Baca :  Gugus Tugas Covid-19 PSI Kota Bogor Wujudkan Solidaritas Warga

“Pak RT udah turun belum bantuannya, kapan dong ?,” ungkap Kwatno menirukan pertanyan warga.

“Setiap ditanyakan kepihak Kelurahan, pasti jawabannya tidak tahu, malahan kami disuruh untuk menanyakan langsung kepada pihak Dinas Sosial Kota Bogor,” tambah Kwatno.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua RW 05 Kelurahan Panaragan, Kota Bogor Tengah, Aep Saepudin. Saat dihubungi tim LEAD.co.id, Aep mengaku balum ada dan belum mendapat informasi kapan turunnya bantuan sosial dari pemerintah setempat.

“Kami berharap Bansos dari pemerintah segera turun mengingat warga sangat membutuhkan dan PSBB sudah lama diterapkan,” harap Aep.

Baca :  Pemda Jabar Salurkan 5.000 Paket Bansos saat PSBB Pertama di Bodebek

Reporter : Sally Sumeke
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here