Budhy Setiawan: Bantu Industri Perikanan di tengah Covid-19

0
Budhy Setiawan, KKP, Perikanan, Covid-19
Anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Jawa Barat III, Budhy Setiawan (tengah) menghadiri "Bulan Mutu Karantina 2020" Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Balai Kota Bogor, Senin (18/5/2020).

LEAD.co.id | Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Komisi IV DPR RI memberikan bantuan sosial dalam rangka “Bulan Mutu Karantina 2020”, di Balai Kota Bogor, Senin (18/5/2020). Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Dalam kegiatan Bulan Mutu Karantina 2020 ini, pihak KKP menyerahkan sebanyak 2,6 ton ikan beku, 1,3 ton ikan olahan dan 3.900 ikan kaleng yang sudah dikemas sebanyak 1.300 paket dimana setiap paket berisi 2 kg ikan beku, 1 kg olahan otak-otak ikan dan 3 ikan kaleng.

Baca :  Melupakan Al Qur'an, Pandemi Covid 19 pun Mengancam

Paket-paket tersebut dibagi dalam tiga tahap, yakni tahap I pada tanggal 16 Mei 2020 sudah diserahkan 200 paket di Kota Bogor, tahap 2 tanggal 17 Mei 2020 di Kabupaten Cianjur sebanyak 500 Paket dan untuk Tahap ketiga pada hari ini tanggal 18 Mei 2020 di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor sebanyak 600 Paket.

“Bantuan ini diberikan secara door to door untuk menghindari adanya pengumpulan massa,” ungkap Anggota Komisi IV DPR RI, Budhy Setiawan usai pelepasan bantuan secara simbolis.

Bantuan berupa produk-produk perikanan itu, kata Budhy, juga untuk membantu penyerapan pembelian hasil perikanan yang belakangan ini lesu karena banyaknya hotel, restoran dan catering yang tutup.

Baca :  Gugus Tugas: Jumlah Kasus Covid-19 Masih Fluktuatif

“Kalau yang dilakukan KKP ini khusus kepada masyarakat terdampak Covid-19, dan kalau bisa bantuan ini tidak tumpang tindih dengan bantuan yang lain,” pungkas Politisi Golkar ini.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Rina mengatakan, Bulan Mutu Karantina 2020, merupakan program tahunan yang bertujuan untuk menambah asupan protein dari ikan sehat dan bermutu sehingga menambah kekebalan tubuh masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19.

“Sehubungan Indonesia sekarang terkena wabah, maka Bulan Mutu Karantina tahun ini fokus kepada dua kegiatan utama, salah satunya membagikan ikan sehat dan bermutu,” kata Rina.

Baca :  Bertolak ke Jatim, Presiden Akan Tinjau Penanganan Covid-19

Acara seremonial penyerahan bantuan KKP-BKIPM dilakukan secara simbolis oleh Kepala BKIPM, Rina kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya yang mewakili masyarakat. Turut hadir anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Jawa Barat III, Budhy Setiawan dan Hj. Endang Setyawati Thohari, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas S. Rasmana.

Reporter: Sally Sumeke
Editor: Rieke Ferra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here