CGM’19 Sebagai Ajang Pemersatu Bangsa

0

LEAD.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor siap gelar Pesta Rakyat Cap Go Meh (CGM) 2019 Februari mendatang. Agenda tahunan yang berupaya untuk meningkatkan potensi pariwisata ini juga sebagai pemersatu bangsa khususnya di Kota Bogor.

Dalam press conference yang digelar panitia CGM, turut hadir Ketua panitia CGM ’19 Arifin Himawan, Walikota Bogor Bima Arya dan Kadisparbud, Sahlan Rasyidi, berlokasi di Ruang Paseban Sri Bima, Balaikota, Jl. Ir. H. Juanda No. 10, Kota Bogor (21/01/2019).

Arifin Himawan yang sering disapa Kang Ahim, memaparkan bahwa sejauh ini persiapan pesta rakyat agak berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana CGM tahun ini memiliki tagline besar yaitu Ajang Budaya Pemersatu Bangsa yang tiap tahun digaungkan.

“CGM tahun ini, yang menjadi pembeda lain dari perencanaan juga adalah sub tema yang di angkat yaitu Katumbiri dalam bahasa sunda yang memiliki arti pelangi. Dengan harapan menjadi suatu bentuk kebersamaan dan sekaligus keberagamaan di dalam kehidupan di Kota Bogor ini,” ujarnya.

Ahim menambah, akan turut mengundang beberapa perwakilan dari luar negeri seperti India, Taiwan dan beberapa negara lain yang juga membawa budaya mereka untuk turut serta memeriahkan CGM tahun ini.

“CGM ini adalah langkah awal untuk go Internasional dan juga mengangkat budaya dan seisi di Kota Bogor dan menerima perbedaan yang ada didalamnya,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kadisparbud Kota Bogor, Sahlan Rasyidi, menyatakan bahwa selain 1000 lampion yang juga menjadi trending berita di CGM tahun ini, saat opening pun akam dimeriahkan oleh 7 sanggar dari luar Kota Bogor.

“Secara rinci perihal pengisi acara yang akan memeriahkan CGM tahun ini, seperti tema yang di angkat ini berharap warna – warni kebudayaan yang disuguhkan sebagai pesona Katumbiri yang menggambarkan Kota Bogor adalah Kota yang memiliki ciri khas budaya dan menerima perbedaan dengan terbuka bahkan menjadi pemersatu perbedaan yang digambarkan Katumbiri itu sendiri,”jelasnya.

Sementara Walikota Bogor Bima Arya dalam sambutannya menyampaikan bahwa CGM kali ini menjadi agenda Bintang 5.

“Kegiatan CGM ini saya istilahkan Bintang 5, apapun kegiatan yang sejalan dengan visi dan misi Kota Bogor ini saya support selagi memajukan Kota Bogor,” ungkapnya.

“Kegiatan ini dipersembahkan untuk masyarakat sekitar, kami turut menyambut mereka yang datang ke Kota Bogor untuk mengikuti Bogor Street Fest 2019. Harapan kami, para pengunjung tidak hanya datang kemudian pulang jikalau bisa harus sampai bermalam disini”, Harap Bima.

Dalam rangka mempersiapkan masyarakat yang akan datang ke Kota Bogor, Walikota mengajak seluruh elemen untuk bekerja sama guna menjaga dan menikmati dengan tertib serta mengedepankan kepentingan bersama upaya memelihara toleransi yang selama ini menjadi identitas masyarakat Kota Bogor. (AP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here