Dema PTKIN Indonesia Tuntut Free Acces hingga Pembebasan Biaya Kuliah

0
Dema PTKIN, Biaya Kuliah, Surat Terbuka, Covid-19
Dema PTKIN se-Indonesia menuntut free acces untuk sistem kuliah online hingga pembebasan uang kuliah tunggal (UKT) semester ganjil tahun ajaran 2020-2021

LEAD.co id | Dewan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Se Indonesia mengirimkan surat terbuka kepada Forum Rektor PTKIN Se Indonesia, Dirjen Pendis dan Menteri Agama Republik Indonesia, Kamis (22/4/2020). Para mahasiswa menuntut free acces untuk sistem kuliah online hingga pembebasan uang kuliah tunggal (UKT) semester ganjil tahun ajaran 2020-2021.

Surat terbuka itu sebagai langkah penyampaian aspirasi mahasiswa di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak negatif pada sektor perkonomian dan pendidikan khususnya Perguruan Tinggi. Tentu hal tersebut menimbulkan masalah baru pada sistem perkuliahan dan perekonomian mahasiswa.

Baca :  Surat Terbuka PDUI untuk Presiden RI: 'Negaraku Jangan Kalah'

Onky Fachrur Rozie selaku Koordinator Pusat (Korpus) Dema PTKIN Se Indonesia menyampaikan bahwa, tuntutan tersebut mempunyai landasan yang kuat setelah beberapa minggu seluruh Dewan Eksekutif Mahasiswa melakukan serap aspirasi dan petisi online untuk mengumpulkan data.

“Langkah ini kita ambil dengan landasan dan hasil kajian yang kuat untuk merespon surat edaran dirjen pendis yang dikeluarkan beberapa hari yang lalu serta serap aspirasi dan hasil petisi yang digalang oleh seluruh DEMA di kampusnya masing masing,” ujar Onky.

Beberapa problematika ini tentu dirasakan Mahasiswa dari berbagai kampus khususnya kampus di lingkungan PTKIN.

Baca :  Wacana Reshuffle Kabinet, DEMA PTKIN Se Indonesia Soroti Kinerja Menag RI

Korpus Dema PTKIN Se Indonesia juga menyayangkan berjalannya Kuliah online yang tidak efektif dan kurang maksimal karena mahasiswa terhalang akses internet yang tidak merata dan sistem yang belum diatur langsung oleh Kementerian Agama RI.

Perkuliahan yang tidak efektif ini tentu saja menyayangkan mahasiswa terhadap UKT mereka yang tidak bisa dipergunakan seperti biasa, maka tidak heran jika seluruh mahasiswa meminta untuk dikembalikan nya uang kuliah tersebut.

Kontributor : Gilang
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here