Desa Tampojung Pregi Siap Jadi Desa Literasi dan Ramah Anak

0

LEAD.co.id | M. Abrori resmi dilantik sebagai Kepala Perpustakaan Desa (Perpusdes) Buna Bangsa, Desa Tampojung Pregi. Terkait itu, dirinya meminta Tokoh Masyarakat, Pemerintah Desa dan Steakholder terus mendukung aktifitas Perpusdes tersebut.

“Saya minta semua elemen masyarakat turut mendukung langkah-langkah perpudes Bina Bangsa Desa Tampojung Pregi ini,” Ucap Abror dalam sambutannya di Balai desa Tampojung Pregi Waru Pamekasan, Minggu (26/5/2019) petang.

Dirinya menyampaikan, Perpusdes Bina Bangsa ini bukanlah milik pribadi, akan tetapi milik semua masyarakat yang ada di desa Tampojung Pregi. Karenanya, dia mengajak segenap masyarakat untuk mendukung kegiatan kegiatan yang terkait Perpusdes, seperti kursus bahasa dan matematika.

“Karenanya mari kita dukung langkah-langkah taktis dari Perpusdes ini. Selain kursus bahasa inggris dan matematika saya menginginkan adanya bimbingan belajar pasca bulan Ramadhan,” ucapnya.

Sementara itu, Taufik selaku Pendamping Lokal Desa yang juga sebagai inisiator berdirinya Perpusdes Bina Bangsa merasa tidak cukup menjadi pendamping local Desa karena belum sepenuhnya bermanfaat terhadap semua masyarakat yang ada di desa ini. Atas hal itu, dirinya mengajak elemen masyarakat khusunya para Mahasiswa untuk bersama sama mendirikan Perpustakaan Desa.

“Kami mengajak mahasiswa disini untuk mengabdi dengan mendirikan Perpusdes Bina Bangsa. Supaya semua masyarakat bisa merasakan keberadaan perpusdes dan kapan saja bisa berkunjung dan menikmati fasilitas yang ada meskipun masih serba kekurangan,” terang Taufik kepada awak media.

Taufik melanjutkan, sebagai pemuda yang lahir dan besar di Desa ini maka, seyogianya memikirkan agar Desa ini lebih maju dan generasi penerus lebih berkompeten. Bahkan, dirinya ingin menyulap Desa inibmenjadi Desa Luterasi dan Ramah Anak.

“Saya berkeinginan desa kami ini menjadi desa literasi dan ramah anak. Selama ini yang sering berkunjung  anak-anak. Tentunya harapan kami pada pemerintah agar memberikan ruang dan fasilitas yang memadai,” tuturnya.

Gagasan Perpusdes ini juga disetuji dan direspon baik oleh PJ Kepala Desa Tampojung Pregi bapak Syukkur S.H. “Saya setuju. Karena denga adanya Perpusdes insya Allah bisa menambah wawasan pada masyarakat khususnya kelompok anak-anak dengan harapan  masyarakat ikut antusias atas keberadaan perpusdes.” Ucap Pak Syukkur yang juga sebagai Kasi Pemerintahan Kecamatan Waru.

Sementara itu, M. Jasin selaku Camat Waru sangat mengapresiasi dengan adanya Perpusdes di desa Tampojung Pregi. “Ini respon masyarakat yang sangat positif sekali dengan program-program pemerintah dalam upaya menumbuhkan minat baca dari bawah yang nantinya bisa menjadi desa literasi. Sejalan dengan trend saat ini bahwa desa harus mempunyai tema demi mendukung Pamekasan HEBAT,” Tegasnya.

Perlu di ketahui bahwa rangkaian pelantikan ini juga di barengi dengan penutupan kursus bahasa inggris dan matematika serta di akhiri dengan  buka bersama yang di hadiri oleh Dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten pamekasan yang di wakili pak Danafia, wali siswa kursus, ketua yayasan di lingkungan desa Tampojung Pregi dan Perangkat Desa. (Dzl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here