Donasi dari Young Hearts Indonesia, Secercah Harapan di Tengah Pandemi

0
Donasi, Young Hearts Indonesia, Dompet Dhuafa
Young Hearts Indonesia mengamanahkan donasi sebesar Rp 10.000.000 kepada Dompet Dhuafa pada bulan Mei 2020 lalu

LEAD.co.id |  “Bagi kami, mengajar bukan menjadi mata pencaharian. Melainkan pengabdian yang harus dilestarikan secara turun-menurun”, pungkas Ustaz Nana, salah satu warga Kampung Siluman Poncol Indah, Mangunjaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jum’at pekan lalu (29/5/2020).

Sebagai salah satu warga terdampak pandemi di wilayah Bekasi, Ustaz Nana yang keseharian aktivitasnya merupakan soerang Guru Ngaji dan Penghulu, menuturkan kisah singkatnya sebagai salah satu warga terdampak.

Wilayah Kampung Siluman memang dipadati oleh warga yang berprofesi sebagai buruh harian serabutan. Dengan anjuran physical distancing, sebagian penghasilan warga menjadi berkurang. Walaupun di sisi lain, anjuran ini memang sangat penting untuk menekan persebaran Corona (Covid-19) di Indonesia.

“Warga masih banyak yang kekurangan. Terutama untuk kebutuhan sehari-hari”, lanjutnya.

Ustaz Nana tidak menuntut upah sepeserpun untuk setiap kegiatan-kegiatannya, namun dengan merebaknya Covid-19 di Indonesia, kegiatan mengajar ngaji dan pernikahan menjadi semakin minim. Murid-murid pengajian, diharuskan untuk belajar mengaji di rumah masing-masing dengan bimbingan orang tua. Pernikahan juga banyak yang ditunda demi menekan angka penyebaran virus tersebut.

Baca :  Dompet Dhuafa Kolaborasi Bersama BPD Batavia Serantau, Cekal Corona

Ust. Nana merupakan salah satu penerima manfaat sembako yang merupakan kerja sama antara salah satu brand produk pakaian dalam dari Young Hearts Indonesia, dengan Dompet Dhuafa. Donasi sebesar Rp 10.000.000 tersebut diamanahkan kepada Dompet Dhuafa pada bulan Mei 2020 lalu. Hasil donasi itu dikonversikan menjadi 40 paket sembako bagi warga terdampak pandemi di Kampung Siluman Poncol Indah.

“Jadi penerima manfaat ini sudah kita survei atau assessment sebagai salah satu pihak terdampak. Selain Ustaz Nana ada juga 39 pihak lain yang juga terdampak. Ini merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi Dompet Dhuafa terhadap warga yang bertahan hingga saat ini dengan penghasilan yang berkurang. Ataupun semangat pengabdian mereka terhadap masyarakat,” jelas Fakhri salah satu tim distribusi sembako untuk wilayah Bekasi.

Sebelumnya, Young Hearts Indonesia memberikan donasi berupa uang kepada Dompet Dhuafa. Penyerahan simbolis dilakukan di Kantor Filantropi Dompet Dhuafa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (22/5/2020). Donasi sebesar Rp 10.000.000,- ini rencananya akan diwejantahkan ke dalam program paket sembako gratis bagi masyarakat dhuafa terdampak Covid-19. Donasi ini merupakan hasil campaign kebaikan yang dimulai sejak tanggal 1 Mei 2020 hingga tanggal 21 Mei 2020.

Baca :  Kampus Umar Usman Hadirkan Bussines Pitching

“Young Hearts Indonesia ingin berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan agar dapat bertahan dan tetap semangat untuk harapan yang lebih baik di masa depan. Semoga badai ini cepat berlalu, bersama kita pasti bisa melalui semua cobaan ini. Semoga donasi ini bermanfaat,” jelas Agnes Dewi selaku Marketing Manager Young Hearts Indonesia ketika ditemui selepas penyerahan donasi.

Pertanggal 19 Mei 2020, Dompet Dhuafa telah mendistribusikan paket sembako gratis sebanyak 33.776 paket bagi dhuafa yang tersebar ke wilayah Indonesia secara menyeluruh. Adapun peta persebaran paket/penerima manfaatnya sebagai berikut: Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, Sumatera Barat, Banten, Yogyakarta, Riau, Aceh, Lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat.

Selain sembako, Dompet Dhuafa juga membagikan paket makanan cepat saji sebanyak 5.756 paket bagi warga terdampak Covid-19 maupun tim medis yang selalu berjuang tanpa hentinya. Serta juga memberikan paket suplemen kesehatan sebanyak 6.385 paket. Hingga kini pun stok paket sembako amanah seluruh donatur Dompet Dhuafa dipusatkan di kantor Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca :  DD Gandeng Presma UGM, Pasang 1000 Disinfection Chamber di Jabodetabek

Semua hal ini tidak dapat terlaksana berkat uluran tangan donatur yang telah mempercayakan Dompet Dhuafa sebagai pihak penyalur kebaikan. Melalui bantuan-bantuan donatur, masyarakat bisa ikut terbantu lewati masa-masa kritis akibat pandemi Covid-19 ini. Seperti yang diketahui, masyarakat menjadi khawatir. Sulit bekerja, sulit mobilisasi, sulit memenuhi kebutuhan sehari, sulit pergi ke sekolah, sulit berinteraksi sosial, dan masih banyak lagi.

“Ini merupakan inisiatif yang bagus sekali dari pihak Young Hearts Indonesia. Karena Indonesia pasti bisa melewati masa krisis seperti ini jika seluruh lapisan masyarakat bersatu-padu untuk gotong-royong. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita bersama-sama saling membahu untuk membantu pihak-pihak terdampak Covid-19 maupun pihak yang menangani dan menanggulangi Covid-19, “jelas Dhoni Marlan selaku Direktur Resouces Mobilization DD Dompet Dhuafa.

Sumber: PR Dompet Dhuafa
Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here