Gerakan Alumni SMP PEC dan Upaya Membangun Siswa Berkarakter

0
Gerakan, Alumni, SMP PEC, Siswa
Alumni SMP Pangerasan Education Center saat melaksanakan kerja bakti, pada Minggu (8/11/2020).

LEAD co.id | Selama ini mungkin kita abai pada upaya membangun kesadaran siswa untuk peduli terhadap keberadaan dan capaian keilmuannya saat ini. Selama belajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sering kali kita hanya mengharapkan mereka peduli dengan lingkungan sekolah atau kampusnya saat ini.

Tanpa mengajak mereka untuk juga kembali menengok proses pertumbuhan saat belajar di sekolah awal mereka berangkat sebagai siswa. Maka, yang terjadi seringkali mereka lupa untuk menghargai para guru yang telah mengajarkan dasar keilmuannya saat ini, mensyukuri kepribadian dan prestasi yang merupakan sebuah proses panjang dari didikan orang tua di rumah, di PAUD, di TK, di SD dan SMP hingga SMA/SMK atau yang sederajat saat ini.

Namun, hal itu tidak seperti alumni SMP Pangerasan Education Center (PEC). Mereka (para alumni) menggagas program ‘Alumni Peduli Almamater’. Salah satu bentuk nyata dari program tersebut yaitu mereka bergotong royong bahu membahu membangun gapura dan pagar SMP Pangerasan yang berlokasi di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Baca :  Aku Bangga Sebagai Alumni SMPPN No.49 Kota Pekanbaru

“Kegiatan ini selain bagian dari menumbuhkan rasa syukur dan rasa terimakasih siswa/santri terhadap asal sekolahnya, baik di SD/Mi maupun SMP/MTs. Kita juga untuk menyahuti panggilan dari SMP PEC yang memang membutuhkan uluran tangan dari alumni untuk menjaga keberadaan dan memelihara keindahannya bagi terciptanya suasana belajar mengajar yang kondusif, sehat dan menyenangkan,” kata alumni SMP Pangerasan Education Center, Muhamad Izaz Zaenudin beberapa Minggu lalu (8/11/2020).

Lanjut Ijas yang juga Ustad di Pesantren SMK Sirojul Huda 3, mengajak teman-teman alumni lainnya yang sudah lulus, bekerja, kuliah atau yang sedang melanjutkan ke sekolah menengah atas untuk turut berpartisipasi mengulurkan tangan berbagi Rizki atau tenaga serta kepeduliannya pada almamater tercintanya.

Baca :  Moeldoko Sebut Gerakan KAMI Memanaskan Suhu Politik

“Mudah-mudahan ajakan kita disambut dengan antusias sehingga sekolah yang mereka tinggalkan tetap mampu eksis melayani proses pendidikan bagi generasi setelahnya serta mampu menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai hasil dari wujud kepedulian dan gotong royong para alumninya,” harapnya.

Kepala SMP Pangerasan Education Center, Riandika, S. Pd mengapresiasi program yang digagas oleh alumni SMP PEC untuk bisa berkontribusi didalam pendidikan. “Ini kegiatan yang sangat bagus, semoga bisa berlanjut kepada alumni-alumni yang lainnya untuk bisa berbagi, perduli, membantu dan bersiratuhrahmi,” sebutnya.

Sementara, kepala SMK Sirojul Huda 3, Heri Mardi Purwanto S.Pd mengatakan dengan kegiatan “Alumni Peduli Almamater” ini, kita berharap akan tumbuh karakter siswa yang rendah hati, hormat pada para guru yang telah mendidiknya, peduli pada keberadaan atau perkembangan sekolah sebelumnya, dan tetap melakukan silaturahmi dengan guru dan teman-temannya selama mengeyam pendidikan di tiap jenjang sekolah.

Baca :  Gerakan Black Lives Matter Meluas di 4 Benua

“Semoga akan tumbuhlah siswa yang memiliki akhlak mulia dan karakter utama yang membuat mereka tidak lupa diri, songong egois, kufur nikmat dan sombong,” ucapnya.

Kedepannya, mudah-mudahan program seperti ini juga bergulir dan menjadi program sekolah dimana pun berada, sehingga generasi masa depan yang hendak kita bentuk selain berakhlaq mulia, berintegritas.

“juga memiliki ‘kesadaran sejarah’ yang membentuk kepribadian dan jati dirinya sebagai manusia ulul albab yang mampu menjadi tulang punggung pembangun peradaban maju dan berakhlak yang menjadi rahmat bagi nusa dan bangsanya,” tutur Heri Mardi Purwanto yang juga bertugas sebagai staf Yayasan Soekarseno peduli.

Reporter: Yudi Setiawan
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here