Gereja di Kota Bogor Mulai Terapkan Protokol Kesehatan

0
Protokol, Kesehatan, Gereja, Kota Bogor
Penerapan protokol kesehatan di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK), Kota Bogor Timur. (sumber: Prokompim).

LEAD.co.id | Wali Kota Bogor, Bima Arya memantau penerapan protokol kesehatan pada rumah ibadah, di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK), Jalan Pajajaran, Sukasari, Bogor Timur, Sabtu (6/6/2020).

Menurut Bima, prioritas utama di Kota Bogor ketika diaktivasi semua adalah tempat ibadah. Dengan catatan harus ada protokol kesehatan yang ketat. Dia mengaku bersyukur dan bahagia melihat masjid-masjid telah menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

“Dan saya mendorong juga gereja-gereja untuk juga kembali menyelenggarakan aktivitas bersama,” kata Bima seperti dikutip laman resmi Pemkot Bogor.

Baca :  Darurat Pendidikan, Wali Kota Bogor Sidak Sejumlah Sekolah

Gereja Advent, adalah gereja pertama yang mengaktivasi protokol kesehatan. Ke depan, lanjut Bima, secara bertahap gereja-gereja yang lain juga akan menerapkan hal yang sama.

“Saya tadi cek mulai dari masuk, di dalam protokol kesehatannya rapi, ada jaga jarak di antara jemaat, bahkan kapasitasnya mungkin tidak sampai setengahnya,” kata Bima.

Sementara itu, Ketua Jemaat Gereja Advent Renville Tampubolon mengatakan bahwa pihaknya mengikuti protokol kesehatan bagi tempat ibadah yang tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Bogor.

Pihaknya mengaku telah menggelar ibadah kebaktian dalam dua shift. Dari kapasitas sebelumnya sekitar 500 jemaat, sekarang hanya disiapkan 64 tempat duduk untuk menjaga jarak antar jemaat.

Baca :  Revitalisasi Fungsi Rumah Ibadah (Gedung Gereja) dalam Tatanan Kehidupan Baru

Meski demikian, kata dia, Ibadah online atau live streaming masih tetap dilangsungkan untuk mengakomodir yang beribadah di rumah.

“Protokol yang paling utama pakai masker, jaga jarak, kemudian cuci tangan sebelum masuk ke dalam gereja, tidak boleh berkerumun, sehabis ibadah langsung pulang yang biasanya kita ada makan bersama,” pungkas Renville.

Sumber: Prokompim
Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here