Gugus Tugas: Jumlah Kasus Covid-19 Masih Fluktuatif

0
Pemerintah, Covid-19, Jenazah
Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan pemerintah turut berbelasungkawa pada korban meninggal akibat Covid-19.

LEAD.co.id | Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan kecenderungan data kasus Covid-19 pada satu minggu terakhir tampak ada fluktuasi di beberapa daerah. Ia menyebut ada kecenderungan konsisten meningkat namun di beberapa daerah ada juga yang tidak konsisten.

“Beberapa hari kita lihat penambahan jumlah kasus tidak banyak, tapi di beberapa hari terkahir terjadi penambahan yang cukup signifikan,” katanya pada Konferensi Pers di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (10/5/2020).

Di beberapa daerah juga belum terbentuk grafik yang konsisten yang menurut dr. Achmad susah ditebak dari hari ke harinya.

Baca :  Perangi Covid-19, BIN Lakukan Rapid Tes Massal di Pasar Ciawi

“Oleh karena itu, ini sebagai gambaran yang bisa kita maknai bahwa proses penularan di tengah masyarakat terus terjadi,” ujarnya.

Solusinya adalah jaga jarak fisik, gunakan masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Cara-cara tersebut lah yang dapat memutuskan rantai penularan.

Kondisinya saat ini sudah banyak orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. Jika tidak memakai masker kemungkinan 70% akan menulari banyak orang. Namun jika memakai masker penularan akan menurun jadi 5% karena semua droplet tertahan oleh masker.

“Apabila semua menggunakan masker, maka angka penularan bisa turun drastis sampai 1%,” katanya.

Baca :  Pemerintah Tidak Pulangkan ISIS, Komnas HAM Prihatin

Hingga saat ini sudah 158.273 spesimen dari 113.452 orang yang diperiksa melalui PCR dan TCM. Hasilnya pasien positif Covid-19 bertambah 387 orang sehingga total 14.053. Pasien sembuh bertambah 91 orang total 2.698, dan pasien meninggal bertambah 14 total 973.

“Mari kita cermati angka ini. Inilah gambaran kita apakah kita telah melaksanakan dengan baik kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, jaga jarak, dan tetap di rumah. Tidak ada pilihan lain buka kita, hanya satu, patuhi seluruh langkah untuk memutus rantai penularan Covid-19,” pungkas dr. Achmad.

Baca :  KLB Jamur Enoki, DPR Minta Peningkatan Pengawasan terhadap Produk Pangan Impor

Sumber : Rokom Kemenkes
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here