HKTI Kota Bogor Ajak Berbisnis ala Pemuda Petani Milenial

0
HKTI, HKTI Kota Bogor, Pemuda, Petani, Milenial
Pelantikan HKTI Kota Bogor masa bakti 2021-2026

LEAD.co.id | Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Cabang Kota Bogor mengajak mesyarakat mendukung pemuda bergerak di sektor pertanian. Karena, pertanian menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Indonesia, termasuk di Kota Bogor.

“Pertanian tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, karena sudah menjadi sumber kehidupan utama yang tidak boleh di padamkan oleh berbagai keadaan,” sebut Brahmansyah, Ketua Harian HKTI Kota Bogor melalui keterangan pers, pada Selasa (20/4/2021).

Menurut dia, selama warga Indonesia masih mengkonsumsi beras, sagu, buah, sayur dan kebutuhan gizi hewani, maka mereka masih butuh peranan petani dan peternak untuk memenuhi kecukupan makanan sehari-hari.

Baca :  Aktivis Milenial Gelar Seminar Ketahanan Energi Nasional

Karena itu, sudah selayaknya bagi HKTI Cabang Kota Bogor dapat menjadi solusi bagi seluruh Insan Tani dengan mengajak dan mendukung pemuda dan pemudi di Kota Bogor untuk peduli pada sektor pertanian.

Regenerasi petani, kata Brahmansyah, merupakan kunci utama dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Oleh karena itu, pemuda hari ini harus mampu menjadi inspirasi bagi seluruh anak muda di Indonesia.

“Dengan menjadi pemuda petani milenial kita sudah mendukung program ketahan pangan nasional yang digadang oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian dengan Bingkai SDM Unggul, Indonesia Maju, sesuai arahan Bapak Presiden,” ungkapnya.

Baca :  Ade Yasin Luncurkan Beasiswa untuk 1.200 Pemuda Berprestasi

Hal itu seiring dengan pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa, Indonesia membutuhkan regenerasi petani untuk bisa mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Pernyataan tersebut perlu menjadi perhatian pemerintah Kota Bogor karena perubahan besar selalu diinisiasi oleh semangat anak muda.

Dia berharap, dengan terbentuknya HKTI Kota Bogor ini, dapat memiliki pola serta ide-ide baru untuk memecahkan permasalahan termasuk dalam dunia pertanian.

Dalam hal ini Pemerintah memiliki tanggung jawab besar dan perhatian khusus terhadap perkembangan generasi muda, salah satunya dengan menghadirkan teknologi dan mekanisasi pertanian yang selanjutnya dioprasikan oleh anak muda.

Baca :  HGN 2020: Peran Petani sebagai Guru Bangsa

Kementan telah berkomitmen untuk mendukung generasi muda yang memiliki minat mengelola usaha di bidang pertanian baik melalui pendidikan vokasi, penyuluhan, pelatihan, magang hingga dukungan sarana dan prasarana hingga jejaring pemasaran.

“Dengan peluang ini, kami harus mampu membuktikan bahwa sektor pertanian layak dipilih menjadi profesi dan mampu menginspirasi serta memotivasi pemuda-pemuda lain di Kota Bogor untuk menjadi petani serta wirausaha muda pertanian,” pungkasnya.

Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here