HGN 2020: Peran Petani sebagai Guru Bangsa

0
HGN 2020, Peran, Petani, Guru Bangsa
Korps Petani Muda Indonesia memaparkan kaitan hari guru dengan pertanian serta budaya

LEAD.co.id | “…menjadi Petani Muda yang menjaga nilai tradisi dan menguasai teknologi serta tak henti berinovasi…” ungkap Pak Guru Cecep yang akrab disapa Bah Suling saat memaparkan kaitan Hari Guru Nasional (HGN) dengan pertanian serta budaya, di Bale Rancage Padumukan Wangsit Salaka Domas Kampung langkob yang menjadi tempat belajar bersama bagi warga Bogor bahkan juga dari beberapa pembelajar dari negara-negara Eropa dan Asia.

Sebagai mana kita ketahui bersama istilah “petani millenial” gandrung sebagai sebuah nilai kebangkitan pemuda dalam sektor pertanian. Fokus Korps Petani Muda Indonesia yang tersebar di berbagai desa adalah berbagi bersinergi. Pemuda yang bertani yang siap dan kuat menggarap lahan sawah, kebun, kolam/raning serta menguasai akses informasi, teknologi, inovasi bahkan pasar tradisional hingga pasar global.

Baca :  HGN 2020: Warga Kedungwungu Krangkeng Gelar Do'a Bersama

Data dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian mengungkap jumlah petani muda yang berusia 20-39 tahun adalah 2,7 juta orang atau 8% dari jumlah total data petani secara keseluruhan di negeri kita.

“Perkuatan jati diri pemuda sebagai petani muda tentu harus berakar pada budaya, penguasaan berbagai aspek kekinian agar dari akar yang kokoh dapat tumbuh berbatang besar, bercabang jebat, berdaun dan berbuah lebat… agar kemudian bisa menjadi Guru bagi Anak-anak bangsa, generasi selanjutnya.” tegas Saepul Adha kepada redaksi saat bersama Bob Asep Saepudin; Tokoh Petani Muda yang sedang merintis Startup Agrisan sebagai bentuk Inovasi dan kolaborasi bersama, Hakame dan Gesit.

Baca :  TMMD ke 109 Kodim 0621: Bedah Rumah Petani di Tenjo

Rangkaian roadshow dan silaturahmi Korps Petani Muda Indonesia tanggal 23, 24, 25 November 2020 di beberapa desa, diantaranya Desa Benteng kecamatan Ciampea, Desa Gunung Picung kecamatan Pamijahan, Desa Leuweung Kolot Kecamatan Cibungbulang dan Desa Sukawening kecamatan Dramaga.

Di Desa Leuweung Kolot, silaturahmi disambut Kepala Desa setempat, Ketua Karang taruna Desa, Kepala Dusun serta Tokoh Muda Kang Iwan. Tak lama berdiskusi di aula kantor desa, Team Korps Petani Muda Indonesia bertolak ke Bukit Cempala Panenjoan (BCP) yang rencananya di permulaan bulan Jumadil Awwal 1422 H akan digelar pertemuan para Petani Muda dengan Lembaga terkait diantaranya Kementerian Pertanian.

Baca :  HGN 2020, Fahrudin: Jangan Lelah Menjadi Guru

Momentum Hari Guru tahun ini menjadi peringatan bagi semua dan pengingat bahwa mengajar dengan kasih, membina dengan sayang, mengevaluasi tanpa emosi dan menguji agar meningkat daya upaya prestasi; kita sebagai “murid-murid” alam semesta yang terus belajar memahami situasi dan kondisi saat pandemi.

Selamat dan Terima kasih kami hatur kan kepada Patani dan Butani Bapak Ibu Guru di Sekolah, Ustadz/ Ustadzah di Pesantren, Mama Ajengan serta Para Kiyai di kampung-kampung dan kota yang terus mendidik dan membina kita semua menuju Ridho Allah.

Reporter: Jhonie
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here