Jangan Takut, RST Dompet Dhuafa Terapkan Protokol Covid-19

0
RST, Dompet Dhuafa, Protokol, Covid-19
Suasana di Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa

LEAD.co.id | Memasuki masa new normal, masyarakat nampaknya masih dihantui rasa takut atau cemas untuk memeriksakan kesehatan di berbagai rumah sakit, karena stigma akan tertular virus Corona. Karena itu, Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa (DD) mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk tidak takut ke Rumah Sakit.

“Dalam menghadapi masa new normal RST Dompet Dhuafa telah menerapkan protokol pencegahan Covid-19 agar pasien dan tenaga medis terhindar dari paparan virus Corona,” terang Manager Penunjang Medis RST Dompet Dhuafa, dr. Jumpa Utama, Kamis, (11/6/2020)

Baca :  Humanitalk: Jakhumfest Ajak Millenial Jaga Lingkungan

Pihaknya menyatakan bahwa, RST Dompet Dhuafa menerapkan prosedur ketat baik bagi karyawan, perawat hingga dokter dalam penanganan pasien maupun prosedur setiap ruang tunggu untuk sedemikian diatur jarak antara pengunjung rumah sakit.

Sebelumnya, pengunjung maupun pasien diharapkan menggunakan masker saat berkunjung ke RST Dompet Dhuafa. Selain itu, saat di pintu lobby, pengunjung maupun pasien diperiksa dengan uji screening suhu tubuh dan mengisi fomulir yang telah disediakan oleh pihak RST, selanjutnya pengunjung maupun pasien diberikan cap lulus uji screening.

Setelah itu, pengunjung maupun pasien diarahkan untuk mengambil nomor antrian pendaftaran yang dibantu oleh pihak RST Dompet Dhuafa, maka pengunjung langsung ke meja pendaftaran dengan prosedur yang sudah diterapkan. Petugas pendaftaran menggunakan alat pelindung diri (APD) serta menerapkan jaga jarak. Setelah dari meja pendaftaran pengunjung maupun pasien diarahkan ke bagian pemeriksaan sebelum ke dokter yang dituju. Semua petugas menerapkan standar protokol pencegahan penularan Covid-19.

Baca :  Banjir Hingga Malam, Tim DMC Bantu Evakuasi di Wilayah Terdampak

“Kami telah mewajibkan pasien dan tenaga medis untuk pakai masker. Selain itu kami sudah menyiapkan tempat cuci tangan di beberapa sudut baik berupa air mau pun handsanitizer,” lanjut Jumpa.

RST Dompet Dhuafa, lanjut dia, juga telah menerapkan sosial distancing, dengan cara itu pasien yang membutuhkan pelayanan RST Dompet Dhuafa tidak perlu takut untuk datang ke Rumah Sakit.

Sumber: Humas DD
Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here