Kapolres Pamekasan Resmikan Kampung Tangguh di Desa Bulangan Barat

0

LEAD.co.id | Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari meresmikan kampung tangguh sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di tingkat Desa.

Hadir pula dalam acara tersebut, Dandim 0826 Pamekasan, Dinas PMD, BPBD, Kominfo, Satpol-PP Pamekasan dan Camat serta para tamu undangan lainnya.

Pembentukan kampung tangguh ini dilakukan di Desa Bulangan Barat, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (28/05/2020).

Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari mengatakan, kampung tangguh ini merupakan pilot project di Pamekasan. Dimana kampung tangguh ini merupakan bentuk antisipasi masyarakat dengan cara gotong-royong dan saling bahu-membahu dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Terima kasih kepada Camat, Kapolsek, Danramil, Kades yang telah menginisiasi pembentukan kampung tangguh di Desa Bulangan Barat,” kata Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari.

Baca :  Banjir Rob di Pantai Selatan Pamekasan Terjang Rumah Warga

Kapolres Djoko menjelaskan, kampung tangguh ini merupakan problem solving, dimana peran serta masyarakat sangat aktif dalam upaya pemecahan masalah.

Mengingat saat sekarang ini di wilayah Pamekasan sudah terjadi pandemi Covid-19, Djoko berharap, mudah-mudahan dengan upaya yang dilakukan masyarakat di Desa Bulangan Barat membentuk kampung tangguh ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bergotongroyong mencegah penyebaran virus Corona.

“Kami juga berterima kasih kepada masyarakat atas partisipasinya dalam membentuk kampung tangguh ini,” ucapnya.

Dijelaskan, di Kabupaten Pamekasan saat ini yang sudah terbentuk kampung tangguh yakni di Desa Bulangan Barat Kecamatan Pegantenan, kemudian Desa Billaan Kecamatan Proppo, dan di Kelurahan Kanginan di Kecamatan Kota.

Baca :  Kapolres Bogor Bantu Pesantren saat Kunjungan Kerja 

Namun demikian, ia berharap di desa-desa yang lain akan segera membentuk sebagaimana yang sudah dilakukan tiga desa tersebut.

Kepala Desa Bulangan Barat, Faisol mengatakan, pihaknya bersama warga menyambut baik pembentukan kampung tangguh ini. Ia sangat optimis dengan adanya kampung tangguh ini dapat menekan penyebaran Covid-19 di desa-desa terkhusus di Desa Bulangan Barat.

Di posko kampung tangguh Dusun Utara Desa Bulangan Barat ini dilengkapi dengan ruang isolasi, dapur umum, lumbung pangan dan ditopang dengan satgas Covid-19 yang senantiasa siap menangani dadurat Covid-19.

“Termasuk juga sudah disiapkan tiga portal disetiap akses jalan masuk menuju dusun Utara ini, dan setiap portal disiapkan alat cuci tangan. Jadi, warga setempat maupun dari luar sebelum masuk wilayah ini harus cuci tangan dulu,” katanya.

Baca :  982 CJH Asal Pamekasan Gagal Berangkat Ibadah Haji Tahun 2020

Faisol menjelaskan, hingga detik ini Desa Bulangan Barat masih masuk zona hijau. Meskipun ada sebanyak 40 warga desa Bulangan Barat yang berstatus ODR dan ODP.

Sementara untuk ketersediaan pangan di lumbung pangan kampung tangguh ini, pihaknya sudah mempersiapkan beras 40 sak dengan takaran 5 kg dan 10 kg serta mie instan sebanyak 15 kardus.

“Selain itu juga ada bantuan dari Kapolres Pamekasan, Dandim 0826 Pamekasan, Kapolsek Pegantenan, serta Camat Pegantenan,” jelasnya.

Reporter : Priyanto D
Editor : Moh Hasanuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here