Kelompok 11 & 12 KKN UIKA Sosialisasikan PHBS

0

LEAD.co.id | Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 11 & 12 Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA), mensosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN 01 Desa Karehkel, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Kamis (22/8/2019). Kegiatan ini dilakukan secara bergilir, masuki kelas-kelas yang telah di tentukan oleh pihak sekolah.

PHBS di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. “Sehingga, secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat,” terang Indar, selaku ketua pelaksana.

Baca :  Fasos Fasum Diserobot, LBH Gentar Dampingi Warga Griya Alam Sentosa

Menurutnya, PHBS belum menjadi budaya di tingkat sekolah. Pembudayaan PHBS di sekolah sangat penting, karena akan berdampak pada perilaku dan juga karakter peserta didik. Hal tersebut melatar belakangi dilakukannya sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat oleh kami selaku kelompok KKN 11 & 12 lanjutnya.

Sementara itu, Putri Utami, salah satu koordinator acara menuturkan bahwa, kegiatan yang termasuk dalam Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN 01 karehkel adalah cuci tangan dengan 7 langkah menggunakan sabun dan gosok gigi.

“Rangkaian acara dimulai dengan penyampaian materi gosok gigi dan cuci tangan, praktik cuci tangan dan menonton film edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat,” paparnya. (AP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here