Kemenkes Minta Rumah Sakit Segera Ajukan Klaim Biaya Covid-19

0
Kemenkes, Covid-19, Rumah Sakit
Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes, Tri Hesty Widyastoeti Marwotosoeko (Sumber Foto: Rokom Kemenkes)

LEAD.co.id | Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan telah menyiapkan dana klaim Rumah Sakit yang menanganani Covid-19 baik rujukan maupun non rujukan. Hal ini untuk menjaga mutu pelayanan Rumah Sakit (RS).

“Pemerintah datang untuk menyiapkan dana untuk klaim pasien pelayanan Covid-19 dan ingin membantu cashflow RS agar dapat menjaga mutu pelayanan RS,” terang Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes, Tri Hesty Widyastoeti Marwotosoeko di Graha BNPB, Jumat sore (8/5/2020).

Pihaknya menyebutkan bahwa semua RS bisa mendapatkan klaim, baik yang memiliki SK Rujukan Kemenkes/SK Menteri dan SK Gubernur maupun RS Non Rujukan yang telah berkomitmen melakukan pelayanan Covid-19, dengan catatan RS terkait harus memenuhi kriteria dan persyaratan sesuai ketentuan dalam SK Menkes maupun SE Menteri Kesehatan.

Baca :  KPI Dorong Industri Penyiaran Hadirkan Informasi Yang Mendidik & Berkualitas Di Tengah Covid-19

Untuk proses klaim, Hesty menyebutkan bisa dilakukan melalui Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan cq Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan, yang kemudian ditembuskan ke BPJS Kesehatan sebagai verifikator.

Terhitung sejak tanggal 24 April hingga 7 Mei 2020, baru diterima klaim sebanyak 95 RS dan 1389 pasien. Sedangkan dari proses verifikasi yang dilakukan BPJS Kesehatan, Kementerian Kesehatan baru menerima sebanyak 3 RS. Ia pun berharap agar proses verifikasi lebih dipercepat.

“Kami mengimbau RS harus segera mengajukan klaim, kami sudah memberikan uang muka kepada RS yang memenuhi syarat kurang lebih sebesar 22 M dari 82 RS untuk 931 pasien. Dari hasil verifikasi BPJS kami baru menerima 3 RS sehingga diharapkan BPJS dapat mempercepat proses verifikasi,” imbuhnya.

Baca :  Gubernur Sulteng Minta Gencar Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

Untuk diketahui, proses klaim pasien Covid-19 dilakukan dengan mengedepankan empat prinsip yakni cepat, mudah, tepat sasaran serta dapat dipertantanggung jawabkan. Oleh karena itu, mengakhiri paparannya Hesty berpesan agar tidak ada unsur kecurangan dalam pengajuan klaim pasien Covid-19.

Sumber : Rokom Kemenkes
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here