LBH Konsumen Dampingi Pemilik Condotel Lawan PT. GKA

0
LBH, Konsumen, Condotel, PT. GKA
Zentoni, S.H, M.H. (Direktur Eksekutif LBH Konsumen Jakarta)

LEAD.co.id | Berdasarkan surat kuasa khusus tertanggal 29 September 2020, LBH Konsumen Jakarta telah resmi ditunjuk sebagai kuasa hukum oleh Para Pemilik Condotel Bogor Icon Best Western melawan PT. Gapura Kencana Abadi (GKA) selaku Pengelola.

Zentoni, selaku Direktur Eksekutif LBH Konsumen Jakarta menilai bahwa, permasalahan ini bermula dari adanya surat Nomor: 284/PS-GKAHM/VIII/2020 tertanggal 12 Agustus 2020 perihal Laporan Keuangan Pengelolaan Januari-Juni 2020 dan Proyeksi Biaya Operasional Hotel Januari-Desember 2020 dan surat Nomor: 285/GKAHM/IX/2020 tertanggal 16 september 2020 perihal Surat Pemberitahuan.

Lebih lanjut Zentoni mengatakan, yang pada pokoknya kedua surat tersebut diatas berisi tentang desakan dari PT. Gapura Kencana Abadi selaku Pengelola agar Para Pemilik Condotel Bogor Icon Best Western segera melakukan top up dana sesuai dengan luas unit yang dimiliki mulai dari yang terkecil seluas 24,38 M2 dengan kewajiban top up dana sebesar Rp. 8.795.961 (delapan juta tujuh ratus sembilan puluh lima ribu sembian ratus enam puluh satu rupiah) dengan batas waktu maksimal tanggal 30 September 2020 dan jika terlewati maka status Condotel akan dirubah secara otomatis menjadi Apartemen.

Baca :  LBH Konsumen Surati OJK Terkait Kewenangan Pengajuan PKPU

“Kedua surat tersebut diatas ditolak mentah-mentah oleh Para Pemilik Condotel Bogor Icon Best Western dikarenakan akan sangat merugikan mereka karena pada saat transaksi awal fungsinya atau peruntukannya adalah untuk Condotel dan bukan Apartemen,” terang Zentoni melalui siaran pers, Selasa (29/9/2020).

Disamping itu, yang paling krusial menurut Zentoni alasan penolakan lainnya adalah sampai saat ini bukti kepemilikan Para Pemilik Unit Hotel Bogor Icon Best Western hanya berdasarkan Akta Pengikatan Jual Beli saja dan seharusnya Sertifikat Hak Milik Satuan Rumah Susun dikarenakan pembelian telah lunas;

Baca :  PT. CGK Komitmen Kembalikan Setoran Konsumen dalam 5 Tahap

Terkait konflik antara Para Pemilik Condotel Bogor Icon Best Western dengan PT. Gapura Kencana Abadi selaku Pengelola, LBH Konsumen Jakarta selaku Kuasa Hukum berencana membawa persoalan ini ke Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) Jakarta.

“Karena sesuai dengan pilihan hukum dalam penyelesaian perselisihan yang disepakati antara Para Pemilik Condotel Bogor Icon Best Western dengan PT. Gapura Kencana Abadi,” tutup Zentoni.

Reporter : Sally Sumeke
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here