Mahasiswa KKN 021 Unimal Produksi Sabun Cuci Piring

0
Mahasiswa, KKN, Unimal, Produksi, Sabun, Cuci Piring
Mahasiswa KKN kelompok 021 Universitas Malikussaleh membuat sabun cuci piring, di Desa Blang Naleung Mameh, Lhokseumawe [File: KKN 021 Unimal]

LEAD.co.id | Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 021 Universitas Malikussaleh (Unimal) membuat sabun cuci piring, bersama Ibu PKK dan anak remaja desa, di Desa Blang Naleung Mameh, Lhokseumawe, beberapa hari lalu.

Sabun cuci piring merupakan produk yang digunakan setiap hari oleh masyarakat dalam kegiatan kesehariannya. Karenanya, mahasiwa KKN kelompok 021 membuat sabun cuci piring dengan nama produk “Smart Clean”.

Selain untuk meningkatkan produktivitas masyarakat desa, tingginya permintaan sabun cuci piring ini menjadi dasar usaha bersama berbasis Gampong dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca :  Kelompok 11 & 12 KKN UIKA Sosialisasikan PHBS

Ketua Kelompok KKN 021 Unimal, Muhammad Khalil mengatakan, kurangnya pengetahuan masyarakat Desa terhadap bahan kimia dan cara pengolahannya telah membuat berkurangnya peluang bisnis yang ada. Oleh karena itu, masyarakat desa membutuhkan pelatihan misalnya cara mengolah bahan kimia menjadi suatu produk yang aman terhadap lingkungan, salah satunya sabun cuci piring.

Pembuatan sabun cuci piring ini, lanjut Khalil, supaya masyarakat terutama kaum ibu-ibu dan para remaja dapat mengetahui tahapan proses pembuatan sabun sehingga dapat diterapkan di rumah. Selain agar dapat memproduksi sabun cair sendiri, juga untuk menambah kesadaran masyarakat akan pentingnya berwirausaha demi terciptanya pertumbuhan ekonomi desa.

Baca :  KKN 16 UMM Inisiasi Jumat Bersih bersama Warga

“Produk sabun cuci piring ini nantinya akan dibagikan ke setiap rumah masyarakat,” ujar Muhammad Khalil melalui keterangan pers kepada Redaksi LEAD.co.id, pada Minggu (22/11/2020).

KKN, Unimal, Produksi, Sabun, Cuci Piring
Mahasiswa KKN kelompok 021 Universitas Malikussaleh membuat sabun cuci piring, di Desa Blang Naleung Mameh, Lhokseumawe [File: KKN 021 Unimal]
Selain itu, kata dia, produk sabun yang dihasilkan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penggunaan sabun dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat dijadikan sebagai industri rumah tangga untuk meningkatkan wirausahawan di desa tersebut.

Kegiatan membuat sabun cuci piring ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN kelompok 021 berjumlah 7 orang, di bawah bimbingan bapak Asrianda S.Kom, M.Kom. Selaku Ketua Kelompok yaitu Muhammad Khalil dari Teknik Industry, sedangkan 6 anggota lainnya yakni Fara walyya dan Isma Winda dari Manajemen, Ainul Mardhiah dari Pendidikan fisika, Yunita Rahayu, mutiara rahmaza dan Mursyidah dari Agroekoteknologi

Baca :  Lebihi Target Produksi, PT Garam Gelar Tasyakkuran

Dalam kegiatan ini para mahasiswa dibantu oleh ibu PKK Gampong Blang Naleung Mameh beserta anak remaja desa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here